Recent comments

  • Breaking News

    Review RPJM Desa Kecamatan Batang Lupar

    Putussibau (Berita Uncak) - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM) Desa dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) Desa merupakan alat untuk mencapai target dalam pelaksanaan pembangunan desa. Bila tidak adanya capaian dan target, berarti desa belum berhasil. Agar target bisa tercapai, maka Kecamatan Batang Lupar melakukan review/evaluasi RPJM Desa dan RKP Desa kepada seluruh Desa yang ada, pada Selasa (14/6/2016).

    Review yang diadakan diaula kantor Camat Batang lupar ini dihadiri oleh seluruh Kepala Desa dan BPD serta pendamping desa se Kecamatan Batang Lupar.

    Dalam arahannya, Camat Batang Lupar Gunawan,S.Sos, menyampaikan agar semua desa mereview atau mengevaluasi kembali terkait beberapa program usulannya yang sudah terpenuhi agar bisa mencapai target, tuturnya.

    "RPJM Desa juga harus bersinergi pada pemerintah daerah dan perencanaan dari masyarakat," katanya.

    Selain itu tambah Gunawan, syarat penyususnan RPJM Desa harus mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, sesuai dengan visi dan misi Bupati Kapuas Hulu.

    "Memang terkadang desa masih ada beberapa kendala dalam penusunan RPJM Desanya," ucapnya.
    Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada desa sangat terbatas, terutama perangkat desa yang ada. Tetapi kita berusaha mencoba mengatasinya dengan memfasilitasi dalam penyusunan RPJM Desa dengan bantuan NGO atau LSM yang bekerja di Kecamatan Batang Lupar. "Kita meminta bantuan dari tahapan pembuatan sampai dengan naskah akademik," jelasnya.

    Untuk Desa di Kecamatan Batang Lupar ada 5 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak sehingga penyusunan terkendala teknis Kepala Desa defenitif belum terpilih. Namun, kita tetap sarankan untuk menggunakan RPJM tahun yang berjalan sambil mengidentifikasi apa-apa program yang bakal dimasukkan sambil menunggu kades definitif, ungkapnya. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak