Recent comments

  • Breaking News

    Terminal Jongkong Sebagai Sentra Ekonomi Masyarakat Pesisir Sungai Kapuas

    Aktifitas di terminal Jongkong setiap harinya
    Putussibau (Berita Uncak) - Jongkong merupakan salah satu Kecamatan di Kapuas Hulu dengan wilayah yang luas. Dengan luas wilayah dan jumlah penduduknya yang makin banyak menjadikan dermaga dan terminal Jongkong sebagai sentral ekonomi dari penduduk di pesisir sungai kapuas juga daerah danau. Ini bisa kita lihat dari ramainya bongkar muat barang serta jual beli segala kebutuhan di terminal pasar Jongkong.

    "Terminal pasar Jongkong memang sentra bagi masyarakat pesisir sungai kapuas dan sekitarnya juga dari daerah danau untuk melakukan bongkar muat dan jual beli barang kebutuhan masyarakat," kata Adenan (48), warga Jongkong saat dikonfirmasi media ini via telephone.

    Melihat perkembangan yang begitu pesat, terminal dengan ukuran yang tidak terlalu luas yang merupakan tempat bongkar muat barang, ditambah lagi dengan pasar sekelilingnya bahkan banyak membuka lapak jualannya membuat terminal pasar jongkong ini terlihat sempit ketika aktifitas berjalan setiap harinya, ungkapnya.

    Adenan menambahkan bahwa banyak kegiatan masyarakat setiap harinya dalam bongkar muat barang dari dermaga ke atas terminal, seperti bongkar muat getah karet, ikan serta barang dagangan lainnya. Dari aktifitas tersebut membuat terminal Jongkong menjadi sempit karena disitu juga tempat parkir kendaraan roda 4 dan 2 serta tempat jualan para pedagang pasar setiap harinya.

    "Banyak harapan serta usulan dari masyarakat Jongkong kepada Pemkab Kapuas Hulu agar dermaga dan terminal bisa dilebarkan lagi agar lebih luas, mengingat disitulah pusat semua kegiatan perekonomian masyarakat pesisir sungai kapuas dan danau khususnya Kecamatan Jongkong, pungkas Adenan.

    Dari hasil pantauan media Uncak dilapangan khusus bagi pedagang pasar yang berjualan sayur dan kebutuhan pokok lainnya, bahwa memang belum ada tempat khusus buat para pedagang berjualan yang mamadai. Karena masih menggunakan area terminal untuk membuka lapak jualannya. Dan kalau di lihat kedepannya geliat perekonomian masyarakat di Kecamatan Jongkong mulai meningkat, maka perlu dibangun dan dibuat pasar rakyat yang presentatif karena untuk membantu pengembangan para pengusaha-pengusaha Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM).

    Kalau dilihat banyak para pedagang yang datang dari berbagagai desa di Kecamatan jongkong, seperti dari Benuis, Sekubah, Gerayau dan Senai. Berarti para pelaku UKM di Jongkong sudah semakin banyak yang membuat tingkat perekonomian masyarakat kian meningkat. Maka dari itu kepada Pemerintah Daerah, DPRD dan instansi terkait agar memperhatikan agar ada pasar tempat khusus untuk berjualan para pedagang demi membantu perekonomian masyarakan Jongkong. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad