Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Kapuas Hulu Hadiri Halal Bihalal Dengan Masyarakat Bunut Hilir


    Bupati Kapuas Hulu AM. Nasir dan istri beserta keluarga, hadiri Halal Bihalal di Bunut Hilir/ Amrin
    Putussibau (Berita Uncak)Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Bunut Hilir menggelar acara silaturahmi dan halal bihalal 1 Syawal 1437 H, pada hari Sabtu (9/7/16) pukul 20.00 Wib.
     
    Acara yang digelar di Masjid Baiturahman Nanga Bunut Desa Bunut Tengah Kecamatan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu, dihadiri oleh Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, SH dan istri Erlinawati Nasir, SH yang merupakan anggota DPRD Kapuas Hulu beserta keluarga.


    Selain itu hadir pula dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Rajuliansyah, S.Pd.I, Kepala BKD Kapuas Hulu H. Sarbani, SE, Sekcam Bunut Hilir, Kapolsek Bunut Hilir, Kepala KUA Bunut Hilir, beberapa Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kecamatan Bunut Hilir, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, majelis taklim serta seluruh masyarakat Bunut Hilir yang memadati pelataran Masjid Baiturahman.
    Acara ini merupakan acara awal yang dilakukan Bupati Kapuas Hulu dalam kegiatan tahunan Halal Bihalal 1 Syawal 1437 H.


    “Ini merupakan acara yang pertama dilakukan Bupati di Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir, karena bertepatan dengan kedatangan AM. Nasir beserta keluarga bersilaturahmi ke kampung halamannya. Maka kita ambil momen tersebut untuk mengadakan acara halal bihalal di Bunut Hilir,” tutur Ridwan Mulyana, Ketua PHBI Kecamatan Bunut Hilir.


    Sekretaris Camat Abang Mabruk yang mewakili Camat Bunut Hilir, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kapuas Hulu AM. Nasir dan Ketua DPRD Kapuas Hulu Rajuliansyah, yang mana keduanya merupakan putra daerah asli Bunut Hilir, bisa hadir ditengah-tengah masyarakat dalam acara halal bihalal ini. Abang Mabruk juga mengucapkan selamat kepada AM. Nasir yang telah dilantik kembali menjadi Bupati Kapuas Hulu periode kedua masa bakti 2016-2021, ucapnya.


    Dalam sambutannya AM. Nasir menyampaikan bahwa halal bihalal merupakan tradisi dan budaya ajang silaturahmi khususnya bagi umat muslim untuk merayakan kemenangan terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal, setelah sebulan penuh kita menjalankan ibadah puasa.


    Dengan momen lebaran seperti ini kalau dilihat alangkah semangatnya dan ramainya kalau kita melaksanakan halal bihalal setiap minggu. Karena kalau setiap tahun merupakan agenda rutin Pemkab Kapuas Hulu,  Nasir. “Karena yang namanya silaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain terutama sesama umat muslim tidak harus setahun sekali atau menunggu Idul Fitri tiba,” kata Nasir.


    Walaupun saat ini ekonomi kita lagi menurun baik dari awal puasa ramadhan sampai saat ini terlihat dari harga komoditi dan kebutuhan pokok kita mengalami kenaikan, tetapi kita tetap semangat dalam menjalankan ibadah baik puasa maupun lebaran, tambahnya.


    Untuk bersilaturahmi kepada keluarga, kerabat dan teman tentu tidak bisa kita datangi satu persatu. Oleh karena itu, dengan momen halal bihalal seperti kita manfaatkan bersilaturahmi untuk membuka pintu hati kita untuk saling memaafkan satu sama lain. “Karena sudah sebulan penuh kita menjalankan ibadah puasa, mudah-mudahan kita suci kembali seperti bayi yang baru lahir dihari yang fitri ini dan kembali ke fitrahnya,” jelas Nasir.


    Nasir juga meminta kepada seluruh masyarakat khususnya Bunut Hilir untuk saling menjaga kekompakan dan kebersamaan kita, jangan sampai ada perpecahan dan pertikaian yang berlarut. Sebab, saya memahami tahun 2015 lalu baru saja kita selesai melaksanakan Pilkada, tentu perselisihan dan perbedaan pendapat pasti ada.


    Maka dari itu, dihari yang fitri ini dalam acara halal bihalal kita leburkan semua persoalan untuk saling memaafkan, karena kita tidak tau apakan kita bisa ketemu kembali atau tidak di Idul Fitri yang akan datang. “Saya berharapkan kepada kita semua kita semua kembali bersatu untuk membangun daerah Kapuas Hulu khususnya Bunut hilir. Kita hilangkan perbedaan pendapat serta perselisihan yang sempat kita alami waktu Pilkada kemarin,” harapnya.


    Diakhir sambutannya, Nasir besrta keluarga dan rombongan menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin kepada warga yang hadir khususnya kepada seluruh masyarakat Bunut Hilir. “Mudah-mudahan kita tergolong orang-orang yang beriman dan bertaqwa,” pungkas Nasir.


    Untuk mengisi acara halal bihalal 1 Syawal 1437 H, diisi juga dengan tausyiah atau ceramah singkat yang disampaikan oleh ustadz kondang Zainudin, S.Ag.


    Dalam tausyiahnya Zainudin menyampaikan bahwa ada 7 (tujuh) tantangan kejahatan besar bagi kita umat Islam khususnya di Indonesia, yaitu kejahatan narkoba, paham radikal, paham liberal, paham komunisme modern, paham sadisme, dampak globalisasi dan kejahatan korupsi yang banyak merugikan negara.


    Saya yakin ketika generasi Islam kita sudah mampu memerangi tujuh kejahatan tersebut, InsyaAllah akan menjadi generasi yang sukses, sehingga kita bisa menyelamatkan daerah dan kampung halaman kita seperti yang Allah janjikan dalam Al-Qur’an yaitu kampung halaman dan orang-orang yang beriman dan bertaqwa, pungkasnya. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad