Recent comments

  • Breaking News

    Pengenalan Teknologi Hazton Di Desa Tekalong, Cara Baru Menanam Padi.

    (kanan) Kades Tekalong Bernadus saat menerima bibit padi.
    Kapuas Hulu, [Uncak.com] - Mungkin belum banyak masyarakat Kapuas Hulu yang tau apa itu teknologi Hazton. Teknologi Hazton merupakan teknik menanam padi yang mengadaptasi fisiologi (turunan atau cabang dari ilmu biologi) tanaman padi itu sendiri. Dan sudah dua tahun lalu teknologi ini dikembangkan di Kalimantan Barat.

    Saat ditemui di kediamannya, Selasa (15/11/16) Kepala Desa Tekalong Bernadus, mengatakan bahwa di desanya pernah diperkenalkan teknologi hazton ini yaitu cara baru menanam padi. Kegiatan ini juga sudah kita terapkan dan laksanakan kepada warga dan kelompok tani yang ada di Desa Tekalong pada tanggal 29 Oktober yang lalu.

    Kegiatan ini difasilitasi oleh Konsorsium Pembarua Agraria (KPA) tingkat nasional yang beranggotakan petani. “Ini merupakan organisasi rakyat non pemerintah,” katanya.

    Pada pelatihan teori tersebut dilaksanakan selama setengah hari dan prakteknya selama setengah hari pula dan yang menjadi nara sumbernya adalah Anton, beliau adalah  salah satu penemu dari teknologi Hazton ini, terang Bernadus.

    Praktek penanaman padi oleh Poktan dengan menggunakan teknologi Hazton.
    Teknologi Hazton ini diperkenalkan pertama kali oleh kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Hazairin dan salah seorang stafnya bernama Anton, sehingga disingkatlah menjadi Hazton.

    Menurut sang proklamator, teknologi dengan teknik hazton ini mampu meningkatkan produktivitas tanaman hingga dua kali lipat, dimana produksi padi di Kalimantan Barat rata-rata hanya 3,5 ton/hektar, namun dengan teknologi hazton ini bisa mencapai 9 ton/hektarnya, tutup Bernadus.

    [ Noto ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad