Recent comments

  • Breaking News

    Pembukaan Porseni Tingkat Kecamatan Bunut Hulu

    Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Kapuas Hulu, Muspika Bunut Hulu serta tamu undangan saat mengikuti pembukaan PORSENI tingkat Kecamatan Bunut Hulu.

    Kapuas Hulu, [Uncak.com] - Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) SD/MI dan SMP/MTs tingkat Kecamatan Bunut Hulu yang diselenggarakan di SDN 09 Riam Piyang Desa Riam Piyang Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Kusnadi,S.Pd, Rabu (25/1/17).

    Acara pembukaan ini dihadiri oleh unsur Muspika Bunut Hulu, Kepala Desa Riam Piyang serta sejumlah Kades di Kecamatan Bunut Hulu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bunut Hulu, pengawas sekolah Kecamatan Bunut Hulu, kepala sekolah se Kecamatan Bunut Hulu, seluruh peserta Porseni tingkat Kecamatan Bunut Hulu, masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

    Dalam sambutannya, Kusnadi menyampaikan kepada seluruh peserta Porseni agar menerapkan 4 (empat) olah, sebab Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kebijakan bahwa yang ingin dibangun ialah jiwanya dan badannya  untuk mewujudkan manusia indonesia yang seutuhnya khususnya bagi peserta didik. ”Empat olah tersebut yaitu olah pikir, olah  hati, olah karsa dan olahraga,” tuturnya.

    Olah pikir artinya dimana peserta didik belajar setiap hari melalui pelajaran disekolah agar memiliki kecerdasan, memiliki daya analisa untuk mengambil keputusan. Olah hati artinya bagaimana cara menata hati agar memiliki hati yang suci dan bersih yakni melalui penanaman nilai-nilai agama, moral, etika, budi pekerti dan sopan santun, jelasnya.

    Olah karsa atau rasa artinya berkaitan dengan sikap, sikap saling menghormati, toleransi, sportif dan sifat kepedulian. Sedangkan olahraga artinya secara fisik atau jasmani harus sehat baik melalui nutrisi maupun olahraga. “Semuanya itu merupakan satu-kesatuan yang harus kita sinergikan bersama,” tuturnya.

    Para peserta tingkat SD/Mi, SMP/MTs sekecamatan Bunut Hulu saat pembukaan PORSENI tingkat Kecamatan Bunut Hulu.
    Pada kesempatan ini, Camat Bunut Hulu Sopuan,SE.M.Si, menekankan kepada dewan guru dan opisial agar terus bekerja keras supaya tidak ketinggalan prestasi dari kecamatan lain. Dia berharap kepada anak didik peserta porseni agar dapat menjadi atlit yang unggul supaya bisa diandalkan pada jenjang selanjutnya, sehingga menjadi kebanggaan daerah kita, ungkapnya.

    Sementara itu ketua umum panitia penyelenggara porseni yang juga kepala SDN 09 Riam Piyang Taryono,A.Ma.Pd, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi semua pihak, baik itu kepada masyarakat Desa Riam Piyang maupun kepada seluruh panitia karena telah membantu  dengan semaksimal mungkin dalam mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan dalam kegiatan ini,sehingga dapat terselenggara dengan baik, terangnya.

    Dijelaskan Taryono, bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 4 (empat) hari, dimulai dari  tanggal 25 hingga 29 januari 2017 dan diikuti sebanyak 21 SD/MI serta 8 SMP/MTs. Sedangkan cabang olahraga dan seni yang akan dipertandingkan berjumlah 12 cabang, dengan jumlah atlit sebanyak 1.157 orang peserta dan guru pendamping sebanyak 148 orang. Adapun dana yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini ialah dana partisipasi dari sekokah-sekolah, jelasnya.

    Sebagai tuan rumah, Taryono berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar, sukses dan tidak terkendala, serta mendapatkan atlit yang berkualitas sehingga membuat bangga sekolah, harapnya.  

    [ Noto ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak