Recent comments

  • Breaking News

    Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Perbatasan Butuh Perhatian Khusus

    Akses Jalan dan jembatan di Kecamatan Puring Kencana dan sekitarnya wilayah Perbatasan Kapuas Hulu Kalbar, yang masih terisolir serta belum pernah menjadi perhatian pemerintah. 
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Infrastruktur Jalan dan Jembatan di wilayah Perbatasan butuh perhatian khusus dari seluruh Stake Holder, terutama Pemerintah, baik pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat, dimana akses sarana dan prasarananya sungguh sangat memprihatinkan.

    Seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Sudah puluhan tahun kondisi jalan yang berstatus Jalan Negara ini hanya dilapisi Tanah, Batu dan Pasir saja. Bahkan ada yang tidak pernah diaspal atau peningkatan sama sekali, padahal jalan ini merupakn akses satu-satunya menuju Kota Kabupaten.

    Selain akses satu-satunya menuju Kota Kabupaten, jalan ini juga setiap harinya dilewati oleh warga untuk pergi bekerja ke lahan Perusahaan serta membawa hasil dari mata pencaharian mereka, seperti sayur-mayur, lada, padi dan lain-lain dari hasil kebun maupun pertanian warga.
    Kerusakan jalan yang cukup parah ini semakin diperburuk ketika alat-alat berat melewati jalan tersebut tanpa dikawal dan diawasi oleh pihak perusahaan, ditambah lagi musim hujan yang berkepanjangan.
    salah satu jalan yang dilintasi sungai kecil yang selalu tergenang cukup dalam ketika musim hujan tiba.
    Tidak hanya kondisi jalan saja yang mengalami kerusakan parah, tetapi tim Media ini juga menemukan jembatan yang rusaknya sangat parah. Bahkan tim juga melihat ada jalan namun tidak dibangun jembatan, seperti di Sungai Pelima, Dusun Kedang.

    Dari beberapa warga yang ditemui oleh tim Media ini mengatakan bahwa mereka sudah sejak lama mengeluhkan kondisi kedua Infrastruktur tersebut, namun mereka bingung harus mengadu kemana dan kepada siapa, sebab sudah sering ketempat Camat dengan tujuan ingin bertemu untuk menyampaikan keluhan, tapi Camat sangat susah ditemui karena jarang sekali ke wilayah kerja maupun Kantor Kecamatan Puring Kencana, ujar beberapa warga yang tidak ingin disebut namanya, Kamis (13/7/17).

    Selama diperjalanan, tim menjumpai Kepala Desa Kantuk Asam, yakni Nanco. Dia mengatakan bahwa setiap harinya jalan ini ramai dilewati warga. "Jalan dan jembatan ini Sudah bertahun-tahun dalam kondisi rusak namun tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah," ungkapnya.

    Seluruh warga didesa-desa, terutama di wilayah Perbatasan, khususnya di Kecamatan Puring Kencana yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, dimana kondisi Infrastrukturnya mengalami kerusakan parah, berharap kepada Pemerintah agar memantau, memperhatikan dan segera melakukan perbaikan dengan membangun kembali Infrastruktur yang telah rusak tersebut, sebab warga merasa seolah dianak tirikan dengan tidak diperhatikan oleh Pemerintah.  [Vita/Red]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan