Recent comments

  • Breaking News

    Pelatihan Jurnalisme Warga Bantu Ekpos Potensi Desa

    Para peserta saat mengikuti pelatihan Jurnalis Warga..
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan program MCA-Indonesia bekerjasama dengan Konsorsium Perempuan, yakni Gemawan, PPSW-Borneo, YDT, Simpai Kapuas, dan JPK. Selama dua hari, dimulai dari tanggal 18 hingga19 juli tahun 2017, bertempat di  gedung Majelis Adat dan Budaya Melayu (MABM) Jalan Budaya, Kelurahan Kedamin Hulu Putusibau, Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, telah dilaksanakan pelatihan Jurnalisme Warga tingkat Kabupaten Kapuas Hulu.

    Pelatihan Jurnalisme Warga ini, diikuti oleh 13 kelompok perempuan Tani dan 26 orang perwakilan kelompok perempuan tani, serta enam orang perwakilan perangkat Desa dari enam Desa di Kabupaten Kapuas Hulu, yakni Desa Mubung, Desa Lubuk Antuk, Desa Sungai Besar, Desa Temuyuk, Desa Tekalong, dan Desa Tekudak.

    Khusus Untuk Desa Sungai Besar, Kecamatan Bunut Hulu, Kapuas Hulu,  didampingi oleh Nurul Fidhea Yeni, SP, dengan diwakili oleh enam orang kelompok perempuan tani diantaranya kelompok Arwana diwakili oleh yuni kurniawati, dan herlina, kelompok Ketam Kembar diwakili Rosalina dan Inida, serta kelompok Kembang melati diwakili oleh Ramlah dan anggun Kurniawati.Sedangkan perangkat desa Sungai besar diwakili oleh Faisal.
    para peserta foto bersama.
    Pelatihan Jurnalisme warga ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas masyarakat tentang jurnalisme dan metode penulisan pemberitaan terkait hal-hal yang di anggap menarik, penting,  bermutu, mendidik dan lain-lain oleh masyarakat dengan melibatkan kelompok Media Massa ditingkat lokal.

    Dalam pelatihan ini, peserta diperkenalkan dengan konsep Junalisme warga, memperkenalkan teori dan praktek Jurnalisme warga, serta meningkatkan kapasitas peserta tentang jurnalisme dan metode penulisan pemberitaan.

    Untuk metodelogi kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan pemaparan materi, curah pendapat, tanya jawab, diskusi kelompok, serta simulasi dan praktek lapangan.

    Menurut Yuni selaku perwakilan kelompok arwana Desa Sungai Besar, pelatihan ini sangat bermanfaat, sebab dari pelatihan ini, kita jadi paham dan mengerti bagaimana cara membuat atau menulis berita yang ada disekitar kita. 

    "Misalnya membuat berita tentang potensi Desa, aktifitas pertanian didesa, jumlah hasil panen tiap musim tanam, kendala saat bertani, dan lain-lain. Selain itu kita menjadi paham cara mengambil Foto dan Video dengan hasil yang baik. Banyak pengalaman yg didapat dari pelatihan ini, juga semakin menambah teman dan saling berbagi pengalaman dgn anggota kelompok Desa lain, ujar Yuni.

    Jurnalis Warga: [Yeni]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad