Recent comments

  • Breaking News

    LSM LB Apresiasi Peran Polsek Putussibau Utara Dukung Simulasi Pemadaman Api

    Dirut LSM LB, Kapolsek Putussibau Utara, Danramil 1206-06/Psb Kec. Putussibau Utara saat lakukan simulasi memadamkan api yang membakar lahan.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Dalam rangka melakukan pelatihan pemadaman kebakaran lahan gambut kepada warga Desa Pala Pulau melalui simulasi atau praktek, Kapolsek Putussibau Utara Iptu Salmansyah mengikut sertakan 3 (tiga) orang anggotanya dalam simulasi tersebut. Simulasi ini bertempat di lapangan Sepak Bola Dusun Patinggi Sari, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, Jumat (25/8/17).

    Kegiatan ini merupakan hasil kerjasaman antara LSM Lanting Borneo (LB) sebagai pihak penyelenggara dengan Program ICCTF, Manggala Agni Wilayah kerja Kapuas Hulu - Sintang dan Polsek Putussibau Utara. Kegiatan tersebut cukup menarik perhatian warga, sebab lapangan bola yang tadinya telah ditumbuhi ilalang setinggi pinggang orang dewasa kini telah ditebas dan dibakar untuk kepentingan simulasi, dimana diketahui bahwa saat ini karhutla masih menjadi atensi pemerintah, namun hal tersebut dilakukan agar masyarakat yang dilatih, paham tentang cara menggunakan alat pemadam kebakaran.

    "Praktek berupa simulasi pemadaman kebakaran lahan ini dengan tujuan agar masyarakat dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh saat pelatihan," ujar Iptu Salmansyah,  Jumat.
    Suasana simulasi pemadaman api.
    Selama  latihan berlangsung, beberapa orang anggota Polsek Putussibau Utara  mengatur jalannya arus lalu lintas, namun ada pula yang ikut dalam simulasi tersebut. "Ketika melakukan pembakaran untuk kegiatan simulasi, banyak masyarakat yang berhenti dijalan untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Sebagai langkah antisipasi kemacetan lalu lintas, kami telah menyiapkan anggota untuk melakukan pegaturan lalu lintas," terang Salman.

    Sementara itu, Dominikus Uyub, Direktur LSM Lanting Borneo, mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek  Putussibau Utara dan anggotanya atas dukungannya terhadap kegiatan simulasi tersebut. Dimana selama kegiatan simulasi dilaksanakan, Kapolsek Putussibau Utara beserta Anggotanya sangat antusias dan turut dalam kegiatan simulasi ini, serta telah mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

    "Saya tidak menyangka sebelumnya, bahwa Kapolsek dan anggotanya mau ikut pegang selang pemadam kebakaran dan turut serta pula dalam memadamkan api, saya sangat berterima kasih kepada Kapolsek Putussibau Utara dan Anggotanya atas pengamanannya dan keikutsertaannya dalam kegiatan simulasi ini. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan di desa-desa lainnya dan mendapat dukungan kembali dari Kapolsek," ungkap Uyub.

    Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Danramil 1206-06/Psb Kecamatan Putussibau Utara dan dua orang anggotanya, perwakilan dari Manggala Agni Wilayah Kerja Kapuas Hulu-Sintang yakni Viktorinus beserta empat orang anggotanya,  empat orang anggota dari LSM Lanting Borneo dan Sekdes Pala Pulau Draman beserta perangkat desanya.

    Adapun simulasi atau praktek yang dilakukan, diantaranya yakni cara menggunakan alat standar pemadam kebakaran dengan menggunakan mesin Robin dan peralatan pemadam kebakaran lainnya, cara mengevakuasi atau penyelamatan kepada orang atau masyarakat yang terjebak didalam api atau asap dan untuk menjaga diri, serta cara menggunakan peralatan pemadam kebakaran yang benar dan
    cara pemadaman api dan menghentikan penyebaran api.

    Simulasi  tersebut dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Situasi selama kegiatan dalam keadaan aman dan terkendali. [Noto/Red]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad