Recent comments

  • Breaking News

    Banjir Mulai Surut, Warga Putussibau Mulai Bersih-bersih

    Kondisi terkini pasca banjir, warga sedang bersih-bersih rumah.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Sejak Senin sore (27/11/17) hingga Selasa malam (28/11/17) ruas jalan dan sejumlah rumah warga di wilayah Kota Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu dan sekitarnya terendam banjir.
    Kondisi terkini pasca banjir, warga sedang bersih-bersih rumah.

    Hujan yang turun dengan intensitas tinggi membuat sungai tidak mampu menampung debit air, sehingga menyebabkan ruas jalan dan permukiman warga terendam dengan ketinggian air bervariasi.

    Hampir seluruh permukiman warga Kota Putussibau terendam banjir sehingga menyebabkan aktivitas warga lumpuh.

    Namun, Rabu (29/11/17) pagi, banjir yang menggenangi ruas jalan dan permukiman warga serta perkantoran, rumah ibadah, sekolah dan lain-lain itu berangsur-angsur sudah mulai surut.

    "Sejak pagi, warga yang rumahnya sudah tidak terendam banjir mulai melakukan bersih-bersih. Mulai dari mengeluarkan lumpur dari dalam rumah hingga mengepel lantai," ujar Romi, warga Jalan Danau Kayan yang rumahnya juga sempat terendam, Rabu (29/11/17).

    Banyaknya sampah dan lumpur yang terbawa arus air lanjut Romi, membuat pekarangan dan dinding-dinding rumah warga terlihat kotor.

    "Itu dinding sampai kotor begitu, karena banjir kemarin. Lantai juga banyak lumpur. Haduh kerja keras nih," tambah Romi.

    Tampak pula sebagian warga lainnya ada yang sibuk mengeluarkan barang-barang rumah tangga seperti kasur, kursi, meja, lemari, dan perabotan lainnya untuk dijemur dan dibersihkan serta ada pula warga yang memungut sampah-sampah plastik dan sampah kayu yang menumpuk di pekarangannya.

    Ditempat terpisah, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Hulu menuturkan, bahwa saat ini kondisi banjir memang tampak surut, sangat jelas terlihat dari kondisi jalan raya yang sebelumnya terendam dengan kedalaman yang cukup dalam, kini mengalami penurunan.

    "Kalau kita lihat dari kondisi air di jalan, memang sudah surut. Tapi di permukiman warga, sebagian air masih bertahan," katanya.

    Dikatakan Hatta, bagi warga yang rumahnya sudah tidak terendam, saat ini aktivitas mereka membersihkan rumahnya masing-masing. "Sebagian warga yang rumahnya sudah tidak terendam, saat ini sedang beres-beres," terangnya.

    Berdasarkan pantauan uncak.com, meskipun banjir sudah mulai surut, namun masih ada sebagian rumah-rumah warga yang masih terendam. Demikian pula gedung-gedung sekolah dan perkantoran, halamannya masih terendam sehingga aktivitas belajar mengajar masih diliburkan. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak