Recent comments

  • Breaking News

    Banjir Merata Landa Beberapa Wilayah di Kapuas Hulu

    Suasana banjir di Desa Riyam Mengelai Kecamatan Boyan Tanjung.
    Suasana banjir di Desa Sungai Uluk Palin Kecamatan Putussibau Utara.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kapuas Hulu hari ini, Senin (28/5/2018) diperkirakan akan terus naik debit airnya.

    Hal itu tampak dari beberapa wilayah di tiap Kecamatan dan Desa yang ada, terutama daerah yang sering dilanda banjir setiap musim penghujan tiba. 

    Bahkan sudah ada desa yang rumah warganya terendam hingga 1 meter. 

    Hari ini ada beberapa wilayah kecamatan dan desa yang terendam banjir terutama daerah lintas selatan, diantaranya kecamatan Putussibau Selatan, Kalis, Mentebah, Bunut Hulu, Boyan Tanjung dan Hulu Gurung.

    Dari laporan beberapa warga, wilayah lintas utara juga sudah mulai ada desa yang digenangi air akibat meluapnya beberapa sungai yang ada. Terutama Dusun Tanjung Kerja Desa Sungai Uluk Palin Kecamatan Putussibau Utara. 

    Tampak air sudah mulai menggenangi pemukiman warga terutama jalan lintas utara yang menjadi akses masyarakat yang menghubungkan menuju arah perbatasan.

    Banjir di Dusun Bantas Desa Betung Kecamatan Boyan Tanjung.
    Sebab menurut Edy. BS salah satu warga Tanjung Kerja, jika air sudah membanjiri jalan tersebut, maka akan sangat susah untuk dilewati.

    Disamping sangat dalam, airnya juga sangat deras melintasi jalan tersebut, jelasnya. 

    Bahkan ada beberapa titik ketika banjir tidak bisa dilewati oleh kendaraan baik motor ataupun mobil, terangnya. 

    Selain itu, di dusun Bantas Desa Betung Kecamatan Boyan Tanjung juga tampak sudah sangat dalam airnya. Bahkan rumah salah satu warga Bantas atasnama Zulkarnain sudah terendam banjir kurang lebih 1 meter dalamnya. 

    Menurut Zul, sampai sore hari ini air masih terus naik, bahkan rumah warga sudah terendam banjir.

    Selain itu, Desa mengelai Kecamatan Boyan Tanjung juga bernasib sama seperti desa-desa lainnya. 

    Tampak air sangat deras memasuki pemukiman warga, sehingga sangat mengancam rumah warga disekitar masuknya luapan air dari sungai. 

    Zul berharap mudah-mudahan air bisa secepatnya surut kembali, sehingga warga bisa beraktifitas seperti biasa, harapnya.  [Amr]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad