Recent comments

  • Breaking News

    Dipimpin Kapolda, Apel 3 Pilar di Kapuas Hulu Libatkan 500an Orang

    Kapolda Kalbar saat menjadi Inspekur upacara pada Apel tiga pilar di Mapolres Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs. Didi Haryono, SH, MH menjadi inspektur upacara pada Apel Tiga (3) Pilar yang dilaksanakan di halaman Markas Polres Kapuas Hulu, Kamis (24/5) pagi.

    Apel tersebut melibatkan 500an orang, mulai dari Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh-tokoh dan perwakilan oganisasi kemasyarakatan.

    Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono mengatakan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Indonesia terakhir ini ada aksi kejahatan kemanusiaan (penyerangan aparat dan bom bunuh diri). Hal itu secara fisikologis  membawa dampak di Kalbar atau khususnya Kapuas Hulu.

    "Kita tentu tidak ingin ini terjadi di wilayah kita," ujar Kapolda.

    Oleh sebab itu, Kapolda berharap semoga teroris tidak ada di Kalbar. Kejahatan kemanusiaan yang dilakukan teroris harus ditangkal bersama-sama.

    "Saat ini saya dapat laporan dari Kapolres se Kalbar bahwa tidak ada kejahatan kemanusiaan yang terjadi, tapi ini harus dicegah jauh-jauh hari, dimana kita harus berangkat dari kesepakatan tiga pilar seperti apel hari ini, kita cegah dan tangkal kejahatan kemanusiaan tersebut," tegasnya.

    Apel tiga pilar di Kapuas Hulu itu adalah bentuk optimisme membangun rasa kesatuan. Peran aktif elemen tiga pilar yaitu Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan.

    "Kamtibmas memang harus dimulai dari tempat terkecil. Sebab itu pola pengamanan siskamling agar diaktifkan oleh tiga pilar. Tiga pilar harus jadi pemecah masalah, jangan yang kecil masalah dibiarkan berlarut. Tiga pilar aktifkan info keamanan terkait hal yang asing dan aneh, agar cegah dan tangkal bisa dilakukan. Apabila ada warga baru dan asing, harus diarahkan melapor ke RT," kata pria yang pernah menjabat Kapolres Kapuas Hulu tahun 2004-2006 itu.

    Kapuas Hulu sampai hari ini situasinya masih kondusif, sama dengan polres lain di kalbar. Itu karena berkat peran bersama, semua pihak aktif menjaganya.

    "Kita tahu Kalbar ini terdiri dari berbagai budaya. Khasanah budaya ciri khas yang tidak dimiliki semua daerah dan sudah seharusnya multi budaya ini menjadi pengikat rasa gotoroyong, solidaritas dengan semangat kekeluargaan. Supaya pembangunan diseluruh daerah Kalbar bisa tercapai sesuai harapan," ungkap Kapolda.

    Lebih lanjut, Kapolda mengatakan, saat ini kaum Muslim sedang menjalankan ibadah puasa dan akan melaksanakan idulfitri. Semua pihak harus bertoleransi dan sama-sama bergembira dalam acara hari besar tersebut, termasuk juga hari besar keagamaan lainnya. Disisi lain ada beberapa agenda nasional, Pilkada serentak kemudian asian game yang melibatkan beberapa negara.

    "Sebab itu sekali lagi mari sama-sama ciptakan stabilitas kamtibmas, mari jadikan kapuas hulu wilayah percontohan, untuk jadi wilayah paling aman, tertib, bermartabat, bertoleransi," pesan Kapolda.

    Sebagaimana rilis yang diterima uncak.com, Apel tiga pilar itu dengan Inspektur apel Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono, S.H, M.H dengan Komandan Apel Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, S.I.K, M.H, dengan dihadiri Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero SH, Dandim 1206/ Psb, Letkol Inf M Ibnu Subroto, Kajari Kapuas Hulu, Rudi Hartono dan jajaran Forkopinda serta tamu undangan lainnya sebanyak 500an orang.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan