Recent comments

  • Breaking News

    TNI-Polri di Perbatasan Gelar Patroli Bersama Cegah Karhutla

    Patroli gabungan TNI - Polri di perbatasan dalam rangka mencegah Karhutla.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Pergantian musim panas dan kebiasaan warga masyarakat dalam membuka lahan dengan cara membakar, perlu diantisipasi pelaksanaanya.

    Untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polsek Embaloh Hulu, Kapolsek Embaloh Hulu Iptu Salmansyah dan anggotanya, serta anggota Koramil 1206-05 Embaloh Hulu melakukan patroli bersama antisipasi Karhutla. Kamis, (9/8/2018).

    “Patroli ini juga sebagai daya cegah atau daya tangkal Karhutla yang dapat menimbulkan bencana asap. Untuk itu, kiita juga meminta kerjasama semua pihak agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah kita, ini demi kebaikan kita semua,” kata Iptu Salmansyah.

    Salman menjelaskan, patroli yang dilakukan bersama itu menyisir wilayah di Dusun dan Desa yang ada di Kecamatan Emabaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu.

    “Pada saat dilakukannya patroli tersebut, tidak ditemukan titik api, atau adanya aktifitas warga Kecamatan Embaloh Hulu membakar,” jelasnya.

    Lebih lanjut Salman mengatakan, Bhabinkamtibmas bersama dengan Babinsa juga sudah menyambangi dan mengimbau warga akan bahaya Karhutla terhadap mahluk hidup dan keseimbangan ekosistem serta menjelaskan sanksi pidana apabila melakukan pembakaran lahan melebihi ketentuan (kearifan lokal).

    “Kita juga sampaikan agar masyarakat memberikan informasi apabila akan melakukan pembakaran lahan untuk bertani tradisional dan petugas Polri dan TNI akan membantu mengawasi proses pembakaran hingga matinya api, sehingga warga masyarakat tidak terkena sanksi pidana,” uungkapnya.

    Salman menegaskan, apabila warga tidak melapor jika melakukan pembakaran lahan maka saat diketahuinya aktifitas tersebut petugas akan segera mematikan api walau bertujuan untuk membuka lahan.

    "Patroli Karhutla ini senjaga dibentuk oleh Kapolsek dan Danramil sebagai unit reaksi cepat jika ada titik api. Sehingga langkah-langkah antisipasi dan pemadaman dapat segera dilakukan," tegasnya.

    Sampai saat ini, kata Salman, situasi masih aman terkendali dan cuaca saat ini cerah berawan.

    "Dalam seminggu terakhir memang ada titik api di wilayah hukum Polsek Embaloh Hulu, namun dapat kita kendalikan bersama TNI," ungkapnya. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan