Recent comments

  • Breaking News

    Midji-Norsan Resmi Pimpin Kalbar 5 Tahun Kedepan


    JAKARTA, Uncak.com - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) terpilih, Sutarmidji, telah resmi dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Rabu (5/9/2018).

    Sutarmidji merupakan Gubernur Kalbar terpilih pada perhelatan Pilkada serentak 2018 yang didampingi Ria Norsan sebagai Wakil Gubernur Kalbar.

    Tim Koalisi Midji-Norsan yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Kalbar Fraksi Nasdem, Luthfi A. Hadi menyatakan, berdasarkan informasi yang ia ketahui, usai dilantik, Midji-Norsan rencananya akan bertolak ke Pontianak besok (6/9/2018).

    “Besok, beliau berdua akan dijemput dari Bandara Supadio ke Rumah Rakyat Kalbar (Pendopo Gubernur). Itu dilakukan secara sederhana saja, tidak besar-besaran,” katanya.

    Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalimantan Barat, Alexander Rombonang, menegaskan, tidak ada perubahan jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Terpilih Periode 2018-2023 (Sutarmidji-Ria Norsan).

    Menurutnya, hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi (Rakor) tentang persiapan pelantikan yang berlangsung di ruang rapat Kepala Sekretariat Presiden, Jl Veteran no 16 Jakarta Pusat.

    "Rakor tersebut membahas tentang persiapan terkait pelantikan 9 (sembilan) pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018," terangnya.

    Dijelaskannya, pelantikan dan pengambilan sumpah Sutarmidji dan Ria Norsan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023 itu juga bersamaan dengan dilantiknya 8 (delapan) pasang Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pilkada Serentak tahun 2018 lalu, yakni Sultra, Sulsel, Papua, Jabar, Sumut, NTT, Jateng dan Bali.

    Alex menambahkan sesuai rundown acara pelantikan, para Gubernur-Wakil Gubernur tepilih sudah harus hadir di Istana Merdeka pada pukul 07.30 WIB. Sebelum prosesi pelantikan dilaksanakan, para Gubernur-Wakil Gubernur terpilih lebih dahulu mengikuti gladi bersih pada pukul 09.00. Gladi bersih bertujuan untuk kelancaran acara.

    Setelah gladi bersih, acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden didampingi oleh Wakil Presiden (Wapres) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada pukul 09.30 WIB.

    “Usai penyerahan Keppres, para Gubernur-Wakil Gubernur terpilih berjalan kaki dari Istana Merdeka ke Istana Negara. Namun, sebelumnya didahului oleh bapak Presiden, Wakil Presiden dan Mendagri. Sesampainya ke Istana Negara, lalu dilanjutkan dengan acara pelantikan pada pukul 10.00-11.40 WIB,” jelasnya.

    Lebih lanjut Alex mengatakan, beberapa pejabat daerah di Provinsi Kalbar diundang saat pelantikan para Gubernur-Wakil Gubernur terpilih.

    Mereka yang diundang diantaranya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalbar, Pangdam XII/Tanjungpura, Kapolda Kalbar, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalbar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalbar dan Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalbar. Gubernur-Wakil Gubernur terpilih akan didampingi istri masing-masing.

    Gubernur-Wakil Gubernur terpilih juga diberikan kuota tiga undangan untuk keluarga atau rekan yang berlaku untuk dua orang per masing-masing undangan.

    “Undangan harus dibawa agar kehadiran keluarga atau rekan Gubernur-Wakil Gubernur terpilih lancar,” katanya.

    Ditanya terkait seragam yang dikenakan saat pelantikan, Alex menjelaskan Gubernur-Wakil Gubernur terpilih akan mengenakan PDUB. Istri Gubernur-Wakil Gubernur terpilih mengenakan kebaya nasional.

    Sementara itu, para undangan yang hadir yakni pria mengenakan PSL dan wanita kebaya nasional.

    “Jadi, detailnya sudah diatur oleh Keprotokolan Istana. Sudah jelas dan kita jalankan,” pungkasnya.

    Penulis: Tim Liputan
    Editor   : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan