Recent comments

  • Breaking News

    Kapolda: Buat SIM Urus Sendiri, Jangan Mau Diimingi!

    Kapolda Kalbar, saat meninjau ruang pelayanan dan sistem pelayanan penerbitan SIM di SATPAS Polresta Pontianak.
    PONTIANAK, Uncak.com - Dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, Satuan Penyelenggara Administrasi Surat izin Mengemudi (Satpas) Sat Lantas Polresta Pontianak, Kalimantan Barat, terus berbenah. Salah satunya pelayanan kepuasan terkait Surat Izin Mengemudi (SIM).

    Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat (Kalbar) Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Drs. Didi Haryono, S.H, M.H, didampingi Dir. Lantas Polda Kalbar, dan Kapolresta Pontianak Kota mengunjungi Satpas Polresta Pontianak Kota, bertempat di Jalan R.E Martadinata No.1, Kecamatan Pontianak Barat, Kamis (8/11/2018).

    "Untuk diperhatikan, kedepannya agar dibuatnya spanduk atau banner pada sistem Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di ruang SATPAS,” kata Kapolda.

    Kapolda mengapresisasi ruangan yang bersih dan rapi, serta sarana yang telah tersedia di gedung kantor SATPAS tersebut.

    “Film sosialisasi tentang tertib lalu lintas pada ruang tunggu pemohon SIM mesti ditambah. Tujuanya agar masyarakat yang mendaftar, bisa semuanya menonton. Dimana sebagai wujud open aware kepada mereka yang mendaftar sehingga tidak mengunderestimate tata tertib berlalu lintas,” terang Kapolda.

    Dijelaskannya, terkait untuk memberikan semangat kepada petugas SATPAS, patut diadakan pemberian reward setiap bulannya.

    "Ini dilakukan agar petugas lebih bersemangat dalam menjalankan tugas untuk memberikan pelayanan dengan profesional kepada masyarakat," jelasnya.

    Peninjauan ruang pelayanan dan sistem pelayanan penerbitan SIM itu sangat disambut baik oleh masyarakat pemohon SIM.

    Kapolda juga menyempatkan diri untuk berinteraksi langsung dengan pemohon SIM, sekaligus sharing terkait pelayanan yang diberikan.

    “Warga bilang, fasilitas sangat lengkap. Ada ruangan khusus anak (menyusui), kebutuhan khusus, ada kursi roda, kamar mandi khusus. Ada juga tombol indeks kepuasan baik yang online maupun yang manual,“ ungkapnya.

    Selain itu, ada pula layanan lainnya, seperti program khusus pelayanan SIM untuk kaum wanita pada hari Jumat pagi. Sedangkan untuk Jumat siang, ada program Jumat berbagi di Masjid usai Shalat Jumat.

    Tak hanya itu, di malam Minggu ada layanan khusus di tempat keramaian di Kota Pontianak.

    Sedangkan di hari biasa, berkeliling ke sejumlah tempat kantor pemerintahan, dan universitas dengan menggunakan unit kendaraan roda enam. Di hari-hari besar ada juga program peduli yang bekerjasama dengan Bank BRI untuk memberikan undian SIM gratis sesuai tanggal lahir dan lain sebagainya.

    “Dalam sehari mobil SIM keliling ini mampu melayani 200 hingga 300 pemohon perpanjangan SIM,” tutur Kapolda.

    Namun begitu, lanjut Kapolda, dia mengimbau dan mengingatkan dengan tegas kepada masyarakat yang ingin membuat SIM baru, maupun perpanjangan, agar langsung mengurusnya sendiri.

    “Jangan mau diimingi. Langsung urus sendiri. Ikuti prosedur,” tegas Kapolda.

    Sumber: Polda Kalbar
    Editor   : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan