Recent comments

  • Breaking News

    AMSI Kalbar Targetkan Anggotanya Lolos ke Dewan Pers

    Tema dan logo-logo Media Siber yang bergabung dalam wadah AMSI.
    PONTIANAK, Uncak.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Kalimantan Barat, akan dideklarasikan dan sekaligus pembentukan kepengurusan periode 2017-2022 dengan menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) di Kota Pontianak pada 16 Februari 2019 mendatang.

    "AMSI ditargetkan menjadi wadah diskusi untuk mendorong jurnalisme siber yang tak hanya sesuai etik, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan teknologi serta menghadirkan berita akurat serta sesuai dengan kode etik jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Media Siber," ujar Koordinator AMSI Wilayah Kalimantan, Fakhurrodzi dalam siaran persnya sebagaimana rilis yang diterima uncak.com beberapa hari lalu.

    Dalam Konferwil AMSI Kalbar itu, akan diagendakan pengesahan tata tertib (tatib) oleh Korwil, pemilihan pimpinan sidang, pengesahan AMSI Daerah dengan penandatangan Deklarasi AMSI Daerah, Pemilihan Ketua AMSI Daerah,  Badan Pengawas dan Majelis Etik AMSI Daerah, Pembahasan Rencana Kerja dan Rekomendasi.

    "Banyak hal dan manfaat pada organisasi tersebut, diantaranya mempayungi media siber. Bagi media siber yang ingin bergabung, syaratnya berbadan hukum PT dengan Bidang Usaha Perusahaan Pers dan SK Kemenkum HAM," papar Fakhurrodzi.

    Menurut Pempred Riauonline.co.id itu, langkah awal dalam kepengurusan AMSI Kalbar jika sudah terbentuk memikirkan agar semua media Online di wilayah Kalbar bisa terverifikasi di Dewan Pers, agar perusahaan pers tersebut dapat memenuhi ketentuan yang disyaratkan oleh Undang-Undang Pers.

    "Target kita agar semua anggota AMSI bisa lolos di Dewan Pers, sehingga barkot yang ada kepada perusahaan pers online lebih dulu daripada teman-teman kita di luar (bukan anggota AMSI)," tambahnya.

    Lanjut dia, "Kita berharap media Online yang masih berstatus CV agar menjadi perusahaan berbadan hukum PT sebagaimana syarat mutlak pendirian perusahaan pers," tegasnya.

    Sementara itu, Panitia Konferwil AMSI Kalbar, Kundori mengatakan, Deklarasi sekaligus Konferwil AMSI Kalbar akan digelar di Kampoeng English Poernama Y37-40, Jl Poernama Agung VII atau Jl Parit Demang, Gg Akasia Indah No 5 pada 16 Februari pukul 09.00 hingga selesai.

    "Saat ini kami masih menunggu berkas kawan-kawan media yang siap bergabung di AMSI. Silahkan mengisi formulir pendaftaran," tutur Kundori yang juga Pempred Suarakalbar.co.id itu.

    Kundori menjelaskan, untuk media siber yang sudah menyatakan bergabung, yakni Suarakalbar.co.id, Wartajurnalis.com, Suarandak.co.id, Teraju.id, Betangrayapost.com, Kapuasrayatoday.com, Majalahmataborneonews.com, Borneoterkini.id, Uncak.com, Sorotpost.com, Tribunpontianak.co.id, Antarakalbar.com, Pontianakpost.co.id, Berkattv.com, Borneonetv.com, Kalbarnews.co.id.

    "Semua media yang sudah menyatakan gabung agar melengkapi berkas dan nanti akan diverifikasi oleh tim," ungkap Kundori.

    Seperti diketahui, AMSI dibentuk oleh 26 pemimpin redaksi media digital yang concern terhadap konten yang akurat, berimbang, tidak berniat buruk dan dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.

    AMSI ini juga dapat menjadi tempat untuk diskusi dan mempererat relasi antar industri media, dan stakeholder lainnya, juga untuk mendorong jurnalisme siber yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.

    Setelah terbentuk, AMSI akan menjadi stakeholder Dewan Pers bersama dengan organisasi media yang sudah ada seperti Serikat Penerbitan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).
    [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad