Recent comments

  • Breaking News

    Bawaslu Kapuas Hulu Sampaikan Hasil Pengawasan Tahapan Pemilu 2019

    Komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar Mohammad ketika menyampaikan sambutan dan arahannya pada acara Publikasi dan Sosialisasi hasil Pengawasan Tahapan Pemilu 2019 yang dilaksanakan Bawaslu Kapuas Hulu di Hotel Mitra Sentosa, Jumat (17/5)
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar kegiatan Publikasi dan Sosialisasi hasil Pengawasan Tahapan Pemilu 2019, Jumat (17/5/2019).

    Kegiatan yang berlangsung di Hotel Mitra Sentosa tersebut dihadiri langsung Mohammad, Komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar. Hadir pula para tokoh adat, tokoh masyarakat, perwakilan sejumlah lembaga/instansi lainnya dan media masa di Kabupaten Kapuas Hulu.

    Mohammad menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Kapuas Hulu, karena setiap tahapan Pemilu Presiden maupun Legislatif di daerah berjalan aman dan lancar.

    "Ini tentu berkat keterlibatan dan partisipasi
    segenap komponen masyarakat di Kapuas Hulu yang luar biasa dalam mensukseskan Pemilu," ungkap Mohammad.

    Mohammad menjelaskan, Pemilu serentak 2019 ini memang didesign sedemikian rupa, merupakan sejarah bagi pelaksanaan Pemilu di tanah air, karena tahapannya begitu panjang.

    "Maka penyelenggara berupaya agar masyarakat menyambut pesta demokrasi ini dengan antusias yang dilaksanakan pada 17 April lalu," ucapnya.

    Oleh karenanya Mohammad mengajak sama - sama menjaga, jangan sampai hasil pemilihan yang menjadi hak milik masyarakat itu sendiri sia - sia.

    Demikian juga dengan Bawaslu, dengan mandatnya harus tetap amanah berpegang pada peraturan perundang - undangan yang berlaku.

    "Karena jika ada kecurangan tentu ada tahapan ketentuan penyelesaiannya. Demikian juga dengan proses pengawasan, pencegahan dan penanganan pelanggaran harus dipahami prosedur penanganannya. Ini memang perlu kesamaan pikir kita semua," bebernya.

    Mohammad juga menjelaskan bahwa saat ini sampai dengan tanggal 22 Mei 2019, masih dilaksanakan rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu ditingkat pusat.

    "Rekap nasional sedang berjalan. Setelah ditetapkan di nasional, maka proses penanganan pelanggaran bukan pelanggaran administrasi, tapi sengketa Pemilu. Setiap penanganan pelanggaran mengikuti mekanisme, seperti syarat formil dan materil," pungkasnya.
    Dalam kesempatan tersebut, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu bidang SDM Theodorus Lanting menyampaikan, kegiatan yang mereka adakan itu merupakan wujud transparansi dalam proses pengawasan Pemilu yang sudah dilaksanakan.

    "Publikasi ini merupakan wujud keterbukaan Bawaslu kepada masyarakat. Kita sudah melaksanakan tahapan demi tahapan Pemilu 2019 dengan maksimal," tegas Theodorus sambil melakukan pemaparan materi pengawasan Bawaslu Kapuas Hulu untuk Pemilu serentak 2019.

    Ia menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan Pemilu di Kapuas Hulu pihaknya sempat menangani sejumlah temuan, diantaranya rekomendasi dan putusan terhadap PSU (Pemungutan Suara Ulang) dan PSL (Pemungutan Suara Lanjutan) di dua tempat.

    Kemudian ada juga sidang proses cepat atas laporan dugaan pelanggaran administrasi Pemilu serta terkait dengan dugaan pelanggaran kampanye di masa tenang.

    "Kita bersyukur semua bisa diselesaikan dengan baik. Kita lakukan semuanya itu demi tegaknya keadilan pemilu, agar berjalan sesuai aturan yang berlaku," tandasnya.

    Ditambahkan Haidir, Komisioner Bawaslu Kapuas Hulu ini mengatakan, dalam tahapan Pemilu ini, pihaknya sudah upayakan maksimal dalam pengawasan sampai ke RT/RW.

    "Sehingga di Kapuas Hulu secara umum berjalan aman dan lancar. Yang tidak puas pasti ada. Namun ada mekanisme yang harus dilakukan, tidak serta merta mengatakan penyelenggara salah, tapi kalau ada bukti laporkan, karena ada tempat dan ruang," ucap Haidir.  [Amr]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad