Recent comments

  • Breaking News

    Di Komplek Perumahan Istana Kaban Indo Permai Akan Dibangun Taman

    Perencanaan Taman Arwana yang akan dibangun di depan komplek perum "Istana Kaban Indo Permai" Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Komplek perumahan bersubsidi "ISTANA KABAN INDO PERMAI" yang merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga saat ini terus melakukan pengembangan perumahan, serta fasilitas penunjang lainnya.

    Pantauan uncak.com, perumahan bersubsidi yang terletak di Km 9, Jalan Lintas Selatan Desa Kedamin Darat, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat itu terus berkembang pesat.

    Hal itu tampak semakin bertambahnya bangunan dan fasilitas penunjang lainnya yang terus pula dibangun.

    Anna Maskaryawati, pengembang dari Perum tersebut, mengatakan bahwa perum bersubsidi itu mulai berjalan sejak tahun 2014 lalu.

    "Dengan daya tampung 500 unit rumah, sampai sekarang sudah dibangun sekitar 300 unit lebih yang rata-rata sudah menjadi hak milik konsumen," kata Anna, ditemui di kantornya, Jumat (23/8/2019).

    Dijelaskannya, sekitar September 2019 ini akan dibangun kembali sekitar 100 unit, dengan harga cash Rp.153 juta per unit.

    "Itu semua karena banyaknya peminat dari masyarakat, maka kita akan terus kembangkan komplek perumahan ini sesuai kebutuhan serta permintaan setiap tahunnya," terangnya.
    Anna Maskaryawati, pengelola Perum "Istana Kaban Indo Permai"
    Lebih lanjut Anna menjelaskan, berbagai fasilitas juga tersedia di komplek tersebut yang merupakan bantuan PSU, seperti penerangan jalan umum, jalan lingkungan dengan rabat beton serta instalasi air bersih.

    "Untuk usulan bantuan pusat di koordinir oleh asosiasi masing-masing pengembang yang memang menjadi wadah para pelaku pengembang rumah bersubsisidi", ujarnya.

    Ada juga ruko dan rumah sekolah terutama setingkat taman kanak-kanak (TK) juga akan dibangun nantinya. Bahkan, akan dibangun pula taman di bagian depan jalan masuk komplek, yang akan diberi nama "Taman Arwana".

    "Fasilitas jalan masuk tiap blok juga tahun ini sedang dalam tahap pengerjaan dengan peningkatan rabat beton, dan akan selesai. Selain itu, akan dibangun pula taman yang indah, yakni Taman Arwana," papar Anna.

    Sebagaimana diketahui, harga jual sebelumnya yaitu  Rp.142 juta, dengan bantuan uang muka bersubsidi dari pemerintah, dengan suku bunga bank rendah, serta daerahnya pun bebas banjir.

    "Untuk tahun ini harga jualnya naik, yakni sebesar Rp.153 juta per unit, karena memang bukan dari kita selaku pengembang yang menaikan harganya, tapi memang sudah ada ketentuan harga yang diatur dari Kementerian," tambah Anna.

    Jika ada kerabat, teman serta masyarakat Kapuas Hulu khususnya, yang mungkin berminat sehingga ingin tahu kondisi perumahan tersebut, maka silakan datang saja dan memantau langsung lokasinya.

    "Kantor kita juga berada tepat di bagian depan masuk komplek perum," ungkapnya.

    Seperti diketahui pula KPR bersubsidi tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah, seperti PNS, TNI, Polri, swasta dan masyarakat umum.

    Dimana, ada pula bantuan dari Kementerian pusat, seperti uang muka bersubsidi, asuransi jiwa kebakaran, dan suku bunga 5 (lima) persen per tahun, tambahnya.

    Adapun di belakang komplek perumnya, terdapat pula lahan perkemahan untuk kegiatan Pramuka, yang berstandar nasional, yang telah disiapkan oleh pemerintah. Tidak jauh dari komplek itu pula, terdapat kampus STIT IQRA Kapuas Hulu, jelasnya.

    "Terkait lamanya jarak tempuh dari komplek perum Istana Kaban Indo Permai menuju kota Putussibau hanya memakan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit saja", pungkas Anna singkat.  [Amr]

    Editor: Noto

    Berikut foto komplek Perum Istana Kabn Indo Permi :
    Foto Mushola di komplek
    Doto rumah serta jalan lingkungan rabat beton
    Foto fasilitas Penerangan Jalan Umum

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan