Recent comments

  • Breaking News

    Duta Damai Kalbar 2019 Dipilih Pusat Media Damai


    PONTIANAK, Uncak.com - Pasca penandatanganan piagam kerjasama Pusat Media Damai (PMD) seiring kegiatan bidang media "Saring Sebelum Sharing" Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalbar, di Dangau Ressort, Kamis (31/10/2019) pekan lalu.

    Konsorsium Pusat Media Damai Provinsi Kalimantan Barat yang terdiri dari FKPT Kalbar, Kampoeng English Poernama,  Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Kalbar, belidak.com, Rumah Literasi dan Prodi Studi Agama-agama IAIN Pontianak menggelar seleksi Duta Damai Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019.

    Kegiatan ini dibuka pada 7 Nopember 2019 dan puncaknya pada 16 Nopember sebagai bagian dari pemaknaan hari pahlawan 10 Nopember.

    "Giat perdana kita setelah MOU adalah Pemilihan Duta Damai Kalimantan Barat sekaligus memaknai hari pahlawan yang jatuh pada 10 Nopember," ungkap Ketua FKPT Kalbar Prof H Kamarullah, SH, M.Hum salah satu penanda-tangan MoU PMD.

    Kata pria pakar hukum tata negara tersebut, metode pemilihan Duta Damai Kalbar 2019 bukanlah model "beauty contest" seperti lazimnya pemilihan pemilihan di kalangan mahasiswa, tetapi pola ekspedisi literasi ala pegiat literasi Kalbar.

    Dilanjutkan pengurus FKPT Kalbar lainnya bidang penelitian, Dr Ismail Ruslan yang juga Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak, gaya ala literasi itu meliputi, massa peserta adalah volunteer Kampoeng English Poernama (KEP), peserta didik Rumah Literasi dan Prodi Studi Agama-agama yang bernaung di bawah kampus FUAD - IAIN dan publik yang mendaftarkan diri melalui aplikasi medsos. Tepatnya di account 08125710225.

    Di dalam pola ekspedisi itu ada titik kumpul. Di IAIN atau Kampoeng English Poernama. Di sini para pimpinan MoU yang enam lembaga itu memberikan "straight-statement" masing-masing 5'. Jadi 5x6 lembaga = 30' saja. Demikian membuat massa tetap full spirit.

    Di masa menyimak itulah seluruh peserta ekspedisi menulis. Menulis artikel tentang frasa Damai. Artikel ini jadi penilaian 1.

    Tentu lanjut Ismail Ruslan yang juga Ketua FKUB Kalbar ini, Ketua FKPT Kalbar dan Dekan IAIN ada slot khusus untuk sambutan di awal pembukaan.

    "Konsorsium juga mengundang Kepala BNPT RI sebagai keynote speech Pemilihan Duta Damai PMD-Bumi Khatulistiwa 2019,"katanya.

    Masih menurut Ismail Ruslan, setelah pembukaan dilanjutkan dengan teknik penulisan artikel selayang pandang seperti PHBI mengingatkan teknis shalat Idul Fitri-Idul Adha. Waktu menulis artikel 60' diberikan on the spot. Setelahnya artikel dikumpulkan ke no WA Panpel, atau lewat Google Doc sehingga mudah dinilai, diedit dan dityangkan ke channel online FKPT-BNPT dan PMD. Seluruh naskah yang masuk juga dibukukan sebagai buku Duta Damai Bumi Khatulistiwa Tahun 2019.

    Massa kemudian bergerak dalam ekspedisi ke KEP's School of Universe di Ujung Serdam atau Ujung Paris. Di sini peserta boleh istirahat menikmati panorama wisata lokal berupa permainan sampan tradisional dan Museum Kampoeng English Poernama.

    "Setelah cukup, peserta kembali berkumpul mendapatkan "selayang pandang duta damai milenial dengan pangsa digital". Mereka dilatih membuat postingan damai, verifikator hoaks. Ini domain Pak Yaser (Belidak.Com) dan Pak Kundori dari AMSI, Postingan terbaik menambah point penilaian,"jelasnya.

    Jika dirasa perlu dalam ekspedisi ini peserta bisa inap. Peserta perempuan di Co-Working Space TOP Munzalan Residence. Sedangkan yang laki-laki di Mesjid Nurul Hasan dengan ruang Takmir Mesjid 6x6 meter.

    Memadailah untuk mereka shalat, berzikir, serta ikut program KEP's Mosque di subuh hari berupa Dakwah Bilingual, Dzikrullah, Sholat Sunnat Suruk dan breakfast together. Pengalaman para peserta sebagai agen Duta Damai dapat dituliskan sebagai artikel ke-3. Setelah itu, satu jam setelahnya dikumpulkan.

    Agregat penilaian dan aktivitas melahirkan 1 pemenang Duta Damai Kalbar Pusat Media Damai Bumi Khatulistiwa 2019. Hadiahnya di kepala disematkan mahkota. Di dada diselempangkan kain bertuliskan Duta Damai Bumi Khatulistiwa oleh Pusat Media Damai Kalbar 2019.

    Dia memperoleh sertifikat dan tropi. Juga mendapatkan bonus tiket PP sebagai peserta KEP's Journalism Fellowships 2019 yang akan diselenggarakan Desember 2019 di Hanoi-Vietnam. Syarat dan proses kepesertaan dapat diikuti sebagaimana poster pelaksanaan lomba. Atau singkatnya, hubungi WA 08125710225.
    [Rilis/Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad