Recent comments

  • Breaking News

    SMAN 1 Putussibau Gelar Sosialisasi PPDB Online 2020

    Suasana saat sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring (Online), di SMANSA Putussibau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - SMA Negeri 1 Putussibau (SMANSA) Putussibau), Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menggelar sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring (Online), Sabtu (16/5/2020).

    Kegiatan yang bertempat di gedung SMA setempat itu dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.
    Adapun eserta yang mengikuti kegiatan tersebut yakni Kepala SMP/MTs  dari beberapa sekolah di Kapuas Hulu, diantaranya Wiluyo, S.Pd, yang merupakan Kepala SMPN 1 Putussibau, Adi Margono, S.Pd, Kepala SMPN 4 Putussibau,   Yuliati, S.Pd, Kepala SMPN 5 Putussibau, Anita Yuliati, S.Pd Kepala SMPN 6 Putussibau dan Mila Prihatini, S.Pd Kepala SMPN 8 Putussibau.

    Selain itu, Iwan Apriadi, S.Pd, yang merupakan Kepala SMPN 1 Kalis, dan Fitri Wulansari, S.Pd Kepala MTsN 1 Kapuas Hulu serta 4 (empat) orang pemateri, yang terdiri dari M. Djusanudin, S.Pd.,M.Si Kepala SMANSA Putussibau, Dra. Dwi Kuntarti Ketua PPDB, Syaiful Yana, S.Pd Sekretaris dan Raimundus Aladim, S.Pd  Koordinator Operator.
    Saat sosialisasi berlangsung, forum sosialisasi tetap memerhatikan jarak tempat duduk dan tidak terlalalu ramai karena sedang dalam situasi genting pandemi COVID-19.

    Terkait materi yang disampaikan, yakni mengenai prosedur dan langkah-langkah siswa untuk mendaftar sebagai peserta PPDB Online 2020, mulai dari pembuatan akun PPDB, pengisian biodata, pengunggahan berkas, dan pengisan alamat tempat tinggal lengkap menggunakan Maps.
    Pemateri juga menyampaikan persentase penerimaan siswa dari berbagai jalur, diantaranya jalur zonasi sebesar 50%, afirmasi 15%, perpindahan orang tua 5%, dan prestasi 30%.

    Untuk jadwal kegiatan PPDB SMA Negeri 1 Putussibau yakni pra pendaftaran, dilakasanakn pada 2 - 13 Juni 2020.

    Sedangkan pendaftaran, dimulai 2 - 22 Juni 2020. Adapun pengumuman hasil pendaftaran, 26 Juni 2020, daftar ulang dan verifikasi 29 Juni - 3 Juli 2020, pemenuhan pengumuman pagu 6 Juli 2020, daftar ulang dan verifikasi berkas 7 - 9 Juli, dan Pengumuman final 10 Juli 2020.
    Ketua Panitia PPDB Online SMA Negeri 1 Putussibau, Dra. Dwi Kuntarti mengatakan, penggunaan sistem PPDB Online secara penuh, terdiri dari dua tahapan yaitu pra pendaftaran dan pendaftaran.

    Dimana sistem tersebut pertama kali dijumpai oleh calon peserta didik baru dan tentunya memerlukan pemahaman IT yang baik serta harus teliti dalam mengisi data dan ketepatan dalam memilih jalur pendaftaran.

    Hal tersebut penting, karena akan mempengaruhi keberhasilan diterima atau tidaknya, sebab calon peserta didik hanya punya kesempatan satu kali melakukan pendaftaran dengan memilih salah satu jalur saja, apakah jalur; zonasi, prestasi (nilai rapor mapel yang di UN dari smtr 1-5/prestasi akademik dan non akademik), kepindahan tugas orang tua, dan Afirmasi.

    "Saya selaku ketua panitia menyarankan bagi calon peserta didik yang akan mendaftar di SMA Negeri 1 Putussibau hendaknya menyiapkan dokumen yang diperlukan lebih awal, mengikuti proses pendaftaran sesuai jadwal dan jika ada kesulitan silahkan menghubungi panitia/ operator via telp/WA dan grup facebook PPDB Online SMA Negeri 1 Putussibau. Saya berharap dengan diadakannya sosialisasi PPDB oneline  para Kepala SMP/MTS, nantinya dapat menyampaikan kembali informasi tersebut kepada orang tua/wali di SMP/MTS masing-masing, sehingga orang tua juga dapat melakukan pendampingan dalam proses pendaftaran dan semuanya berjalan lancar," ujar Dwi Kuntarti.

    Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Putissibau, M. Djusanudin mengatakan, SMANSA pada tahun ini telah resmi membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru dengan sistem daring (online).

    "Pada tahun ini SMA Negeri 1 Putussibau resmi membuka pendafataran berbasis teknologi daring (online). Dalam kondisi pandemi ini kita tidak boleh membuat massa berkumpul terlalu banyak oleh sebab itu, saya harap dengan adanya pendaftran online ini menjadi solusinya. Sosialisasi ini bertujuan untuk menjelaskan segala prosedur pendaftaran agar tidak mengalami kendala. Para orang tua dan calon peserta didik SMA juga bisa menonton vidio tutorial yang telah kami buat di akun youtube SMA Negeri 1 Putissibau yang telah kami buat untuk mempermudah pemahaman mengenai tata cara pendaftaran dan di harapkan para kepsek yang hadir bisa menjadi ujung tombak informasi PPDB on line " ungkap Djusanudin.

    Penulis: Jurnalisme SMANSA (Fajar Bahari)
    Editor  : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    duka

    Post Bottom Ad

    maulid kabanindo