Recent comments

  • Breaking News

    Petugas Kesehatan Kapuas Hulu Dapat Bantuan APD dari GIZ Jerman

    Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, saat menerima bantuan APD dari GIZ Jerman.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), yang merupakan organisasi dari Jerman, yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, yang diperuntukkan bagi petugas kesehatan di daerah tersebut, Kamis (24/6/2020).

    Bantuan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan Bung Tomo dan Sekretaris BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten M. Nazaruddin, serta sejumlah pejabat di lingkungan Dinkes Kapuas Hulu, bertempat di Posko Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kapuas Hulu.

    Pada kesempatan tersebut, Perwakilan dari GIZ, Klothilde Sikun menyatakan, meskipun berada di ujung Timur Provinsi Kalbar, Kapuas Hulu tidak terhindarkan dari pandemi Corona. Oleh sebab itu kata dia, perlu persiapan diri dalam menghadapi lonjakan jumlah orang yang terpapar, dimana Indonesia telah mulai melonggarkan berbagai batasan di bawah skema New Normal.

    "Bantuan APD ini merupakan bentuk kepedulian GIZ khususnya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu agar petugas kesehatan di Kabupaten Kapuas Hulu dapat melindungi diri dan tidak tertular virus Corona," katanya.

    Sikun memaparkan, kiprah GIZ Jerman di Kapuas Hulu lebih dari satu dekade, organisasi Jerman untuk kerjasama pembangunan, GIZ yang melaksanakan proyek atas nama Kementerian Federal Jerman untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan, telah memberikan dukungan kepada masyarakat Kapuas Hulu melalui kerjasama pembangunan dengan pemerintah daerah.

    "Dukungan ini bertujuan untuk mewujudkan tata guna lahan yang lebih berkelanjutan dan mencakup dukungan bagi sektor kehutanan di Kapuas Hulu untuk mengurangi deforestasi dan meningkatkan pengelolaan hutan melalui proyek FORCLIME (Program Hutan dan Perubahan Iklim)," paparnya.

    Sikun berharap, semoga bantuan APD tersebut tidak akan pernah digunakan untuk merawat pasien COVID-19, tetapi jika diperlukan, setidaknya petugas kesehatan dapat merawat pasien yang terinfeksi tanpa membahayakan diri sendiri, sehingga mereka dapat menyelamatkan nyawa dan memutus rantai infeksi.

    "Tentunya kita berharap tidak ada lagi pasien COVID-19 di Kapuas Hulu ini," harapnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero mengucapkan terimakasih kepada GIZ Jerman yang turut membantu pemerintah daerah dalam menangani pandemi COVID-19.

    "Dengan adanya APD ini tentu sangat bermanfaat bagi gugus tugas pencegahan Covid-19, terutama para medis, tenaga kesehatan yang sampai hari ini terus berjuang dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19," ucap Anton.

    Dikatakan Anton, saat ini pemerintah telah memberlakukan new normal, namun, meski demikian, protokol kesehatan wajib dipatuhi, sehingga upaya pencegahan penyebaran Covid-19 berjalan maksimal.

    "Saya berharap bantuan yang diberikan GIZ Jerman ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh Dinas Kesehatan, dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kapuas Hulu," pesan Anton.

    Adapun APD yang disumbangkan GIZ tersebut, diantaranya 50 baju hazmat, 16 respirator full-face, 150 sarung tangan karet, dan 16 pasang sepatu karet.
    [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan