Recent comments

  • Breaking News

    Cepat dan Tanggap, SMAN 1 Putussibau Gelar In House Training Pembelajaran Daring

    Kepala SMAN 1 Putussibau beserta pengawas dan tenaga kependidikan saat IHT.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - SMA Negeri 1 (SMANSA) Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) pembelajaran dalam jaringan (Daring), dimulai pada 13 hingga 16 Juli 2020 lalu.

    Pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Putussibau itu diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga pendidik.

    Kegiatan yang dilaksanakan di gedung SMA Negeri 1 Putussibau itu tetap memperhatikan protokol keamanan Covid-19 yakni memakai masker dan jaga jarak sesuai kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, dimana menuntut seluruh sekolah agar menghentikan pembelajaran tatap muka dan diganti degan pembelajaran daring.
    Suasana saat IHT SMANSA Putussibau.
    Atas dasar itulah SMA Negeri 1 Putussibau melaksanakan IHT, dengan tujuan agar pendidik  mampu melaksanakan sistem pembelajaran daring secara terarah dan terencana sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

    Hal tersebut juga selaras dengan apa yang disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Putussibau, M. Djusanudin.
    Pengawas dan tenaga pendidik (foto bersama).
    Djusanudin memaparkan, SMANSA selama ini adalah sekolah yang tertib aturan, mulai dari PPDB tanpa pungutan hingga kegiatan belajar dilaksanakan secara daring.

    "Semua itu dilakukan demi kebaikan bersama dan mengikuti anjuran pemerintah di masa pandemi ini. Maka dari itu IHT ini dilaksanakan untuk melatih kemampuan guru-guru agar mampu melaksanakan pembelajaran daring dengan baik dan tetap mengedepankan kualitas pembelajaran SMANSA dan dalam pembelajaran daring SMANSA sudah dimulai sejak semester lalu dimana ada bantuan paket data yang dibiayai oleh sekolah, yang bersumber dari dana BOS reguler untuk semua siswa SMANSA Kelas X dan XI tahun lalu dan semua tenaga pendidik dan juga kependidikan," ujar Djusanudin, Jumat (17/7).
    Suasana saat IHT.
    Sementara itu, Pengawas Pembinan SMA Negeri 1 Putussibau, Drs. F. Lombok menyatakan bangga dengan penyelenggaraan IHT itu.

    Dikatakan Lombok, dirinya sangat bangga dengan kegiatan IHT SMA Negeri 1 Putussibau itu karena SMA itu adalah SMA yang cepat dan tanggap dalam proses pembelajaran daring dalam situasi pandemi ini.

    "IHT SMANSA Putussibau ini juga mendapat apresiasi dari teman-teman Pengawas Provinsi Kalimantan Barat karena meskipun kita berada di daerah ujung Kalbar, SMANSA Putussibau selalu update dan berusaha menyesuaikan sistem pembelajaran dengan terarah serta sesuai anjuran pemerintah. SMANSA lebih cepat selangkah dari sekolah lain mengadakan IHT Pembelajaran. Semua ini karena semangat dan kerja keras seluruh pihak SMA Negeri 1 Putussibau," ungkap Lombok.

    Terkait tema dalam kegiatan tersebut yakni "Menyongsong Pembelajaran Berkualitas di Era Covid-19".

    Kegiatan tersebut berjalan sukses dan lancar.Adapun hasil IHT yang diselenggarakan tepat sasaran yaitu seluruh Rancangan Rencana Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru berbasis daring.

    Tahapan pembelajaran pun disesuaikan dengan aplikasi kombinasi fungsi antara Zoom, google classroom, dan sicerdaslink yang bisa diakses dengan IOS dan Android.

    Sedangkan agenda kegiatan IHT pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Putussibau tersebut yaitu dimulai dari acara pembukaan, perancangan tata tertib pembelajaran daring dan tata tertib sekolah, pembaigan kelompok diskusi, pembuatan RPP daring, sampai penutup yang dilaksanakan selama empat hari.

    Dimana setiap kelompok yang terdiri dari 7 hingga 8 orang berdiskusi merancang RPP daring terbaru di masing-masing ruangan yang disediakan.

    Kegiatan itu langsung diawasi oleh Kepala Sekolah dan jajaranya serta Pengawas Pembina SMA Negeri 1 Putussibau.

    Penulis: Jurnalisme SMANSA (Fajar Bahari)
    Editor  : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak Uncak Uncak kabanindo