Recent comments

  • Breaking News

    Dinas Pertanian Wajib Melaporkan Ketersediaan Pangan Setiap Minggu ke Menteri Terkait

    Bupati Kapuas Hulu beserta unsur Forkopimda dan Kepala OPD, saat melakukan panen perdana padi musim tanam gadu Tahun 2020 di Desa Tani Makmur.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Desa Tani Makmur, Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, merupakan salah satu Desa di Kapuas Hulu yang memiliki potensi sangat tinggi di bidang pertanian khususnya padi.

    Hal itu dibuktikan dengan panen perdana padi musim tanam gadu Tahun 2020 di desa tersebut, Selasa (28/7).

    Berkaca dari hasil panen pertahun, yakni mencapai 170 ton beras, dengan luas lahan 97 hektar, dimana sebuah target pencapaian yang cukup memuaskan bagi masyarakat setempat, karena dari hasil panen tersebut sudah mencukupi kebutuhan dasar makanan pokok saat ini.

    Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari campur tangan pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian setempat.

    Panen perdana itu dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir.

    Hadir pula anggota DPD RI Erlinawati, Ketua DPRD, Dandim 1206/Putussibau, Camat Hulu Gurung, Koordinator BPP Nanga Tepuai dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

    Bupati Nasir menyatakan, beberapa tahun lalu, panen biasa dilakukan satu kali dalam setahun, namun pada tahun ini Bupati meminta kepada seluruh masyarakat kapuas Hulu sudah sepatutnya bisa melakukan tanam padi dalam dua kali setahun, guna memulihkan perekonomian yang sempat lumpuh karena terdampak Covid-19.

    "Hari ini merupakan hari yang berbahagia bagi para petani Desa Tani Makmur karena telah melakukan panen perdana. Berbicara soal pertanian, Dinas Pertanian wajib melaporkan seminggu sekali ketersediaan pangan kepada Kementerian terkait, guna mengantisipasi kekurangan stok beras dan gula di tengah Pandemi Covid-19 khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu," tegasnya.

    Sementara itu, Kepala Desa Tani Makmur, Tino, memaparkan, Desa Tani Makmur merupakan desa pertanian, dimana mayoritas warga masyarakatnya merupakan petani.

    Menurutnya, desa yang dipimpinnya itu beberapa tahun ini merupakan desa penyuplai hasil hasil pertanian di sekitar Kecamatan Hulu Gurung, dalam hal tersebut Desa Tani Makmur ikut meramaikan sebagian pasar yang ada di Kecamatan Jongkong dan Selimbau.

    "Saya berharap kepada semua pihak agar dapat meningkatkan insfrastruktur dan sarana produksi pertanian, sehingga menjadikan Desa Tani Makmur sebagai desa agrowisata," ujar Kepala Desa Tani Makmur. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak Uncak Uncak kabanindo