Recent comments

  • Breaking News

    Pelayanan IGD RSUD Putussibau Dibuka Kembali Hari Ini

    RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau, Kapuas Hulu//Noto Sujarwoto.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kemarin, Sabtu (24/10/2020), pelayanan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan dua ruang rawat inap di RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau, sempat ditutup.

    Ditutupnya pelayanan IGD dan dua ruang rawat inap tersebut dikarenakan meninggalnya pasien berinisial SU (53), yang merupakan Pimpinan pada salah satu Cabang Bank di Putussibau. 

    Berdasarkan hasil Swab RT-PCR yang sudah keluar, yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, dimana sebelumnya yang bersangkutan sempat dirawat selama tiga hari di ruang IGD RSUD Achmad Diponegoro Putussibau.

    Setelah dirawat selama tiga hari di RSUD Putussibau, yang bersangkutan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Ade Mohammad Djoen Sintang. Namun, dalam perjalanan, yang bersangkutan meninggal dunia sekitar pukul 00.50 WIB, Rabu (21/10) dini hari. 

    Terhadap jenazah pasien, ditangani sesuai protokol kesehatan dan dimakamkan di pemakaman khusus, yakni di Kecamatan Putussibau Selatan sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (21/10) lalu.

    Untuk langkah selanjutnya, pihak Dinas Kesehatan setempat, telah melakukan kontak tracing dan penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh karyawan atau pegawai Bank di Putussibau tempat di mana yang bersangkutan bekerja, pada Rabu (21/20/2020) lalu, dimana telah diambil sampel swab-nya, dan saat ini tinggal menunggu hasilnya.

    Sedangkan untuk seluruh petugas (Karyawan) di RSUD Putussibau, khususnya di ruang IGD dan dua ruang rawat inap, telah dilakukan pengambilan sampel swab RT-PCR, pada Jumat (23/10/2020) malam, yang pada malam itu juga sampel swab-nya langsung dibawa ke Sintang.

    Sehingga, sambil menunggu hasil swab tersebut keluar, maka pelayanan IGD dan dua ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Ahmad Diponegoro Putussibau, ditutup. Namun untuk sementara waktu, pelayanan IGD diarahkan ke Puskesmas Putussibau Utara dan Puskesmas Putussibau Selatan.

    Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, M. Nazaruddin, menyatakan, pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau, akan dibuka kembali pada hari ini, Minggu (25/10/2020) pukul 17.00 WIB.

    Sedangkan dua ruang rawat inap, yang kemarin juga sempat ditutup, yakni ruang Flamboyan dan Bougenville, akan dibuka kembali pula mulai hari ini pada pukul 14.00 WIB.

    "Dibukanya kembali pelayanan IGD dan dua ruang rawat inap itu, dikarenakan hasil Swab RT-PCR seluruh karyawan RSUD Putussibau, yang berjumlah 47 orang itu, yang sampel Swab-nya dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, pada Jumat (23/10) lalu, sudah keluar, dan hasilnya semua karyawan RSUD Putussibau negatif Covid-19," ujar Nazaruddin kepada awak media, Minggu (25/10/2020).

    Adapun untuk karyawan Bank tempat Almarhum bekerja, Nazaruddin menjelaskan, hasil sampel RT-PCR Swab-nya belum keluar dikarenakan sampelnya dikirim ke laboratorium Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

    "Pengiriman untuk sampel Swab antara karyawan RSUD Putussibau dan karyawan Bank tempat Almarhum bekerja, berbeda. Untuk karyawan RSUD Putussibau, sampel RT-PCR Swab-nya dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Sedangkan untuk karyawan Bank tempat Almarhum bekerja, dikirim ke laboratorium Untan Pontianak. Karena ini menyangkut percepatan pelayanan, dimana khusus untuk karyawan RSUD Putussibau diminta untuk segera, agar pelayanan di RSUD Putussibau juga segera aktif kembali sehingga hasil Swab-nya hari ini sudah keluar dan dinyatakan semuanya negatif Covid-19," terang Nazaruddin. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    duka

    Post Bottom Ad

    maulid kabanindo