Recent comments

  • Breaking News

    LP2M Salurkan Ratusan Kitab Suci Al-Quran ke Madrasah di Kapuas Hulu, Wabup Wahyu Apresiasi

    Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST, saat menyerahkan kitab suci Al-Quran secara simbolis kepada MTsN 1 Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Lembaga Persaudaraan dan Pembinaan Mualaf (LP2M) Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat menyalurkan ratusan kitab suci Al-Quran ke dua sekolah Madrasah di Putussibau, Ibukota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (31/3/2021).

    Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST, saat menyerahkan kitab suci Al-Quran secara simbolis kepada MAN 1 Kapuas Hulu.
    Dua Madrasah tersebut yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kapuas Hulu dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kapuas Hulu, dimana masing-masing Madrasah tersebut mendapat 150 eksemplar kitab suci Al-Quran.

    Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST, saat memberikan kata sambutan, dalam acara penyerahan kitab suci Al-Quran.
    Penyerahan itu dilakukan oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST, secara simbolis kepada masing-masing Kepala Madrasah tersebut.

    Hadir dalam acara tersebut yakni Ketua LP2M Kabupaten Kapuas Hulu Ustadz Indra Abdurahman Alias Yohanes Soter, Dewan Pembina dan Dewan Penasehat LP2M Kabupaten Kapuas Hulu H. Zainuddin, S.Ag, M.Pd dan Drs. H. Iwan Setiawan, M.Si, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu Syahrul, S.Ag, Wakil Ketua Persatuan Orang Melayu (POM) Kabupaten Kapuas Hulu Zainudin, SKM. M.Kes, perwakilan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas Hulu Iswadi, S.Ag, para Dewan guru, Staf dan Tata Usaha pada masing-masing sekolah, serta beberapa siswa-siswi.

    Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST, menyatakan apresiasi terhadap LP2M Kabupaten Kapuas Hulu, yang telah menyalurkan kitab suci Al-Quran kepada dua Madrasah tersebut.

    "Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan pribadi, saya sangat mendukung langkah dan seluruh program yang dilakukan oleh LP2M Kabupaten Kapuas Hulu ini, yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi umat Islam maupun para mualaf," ujar Wahyudi Hidayat.

    Dikatakan Wahyu, kedepannya, ia juga berniat akan merekrut para muda-mudi yang mahir (hafal) dalam membaca Al-Quran (Hafidz), untuk dijadikan tenaga pengajar Al-Quran.

    "Kedepannya saya berencana untuk mendirikan rumah Tahfidz Quran di Kapuas Hulu ini agar semakin banyak yang bisa membaca Al-Quran dengan baik dan lancar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, karena dengan menghafal Al-Quran, dapat mendorong, membina dan membimbing para santri untuk mencintai Al-Quran, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Wahyu.

    Sementara itu, Ketua LP2M Kabupaten Kapuas Hulu, Ustadz Indra Abdurahman, melalui Penasihat LP2M Kabupaten Kapuas Hulu, H. Iwan Setiawan, menyatakan, sejak tahun 2020 lalu, LP2M Kabupaten Kapuas Hulu telah melakukan berbagai aksi sosial keagamaan.

    Selain itu, lanjut Iwan, LP2M Kabupaten Kapuas Hulu juga akan mendirikan Islamik Center Mualaf di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Badau, dengan harapan agar dapat membina para mualaf.

    "Terkait penyaluran kitab suci Al-Quran ini, LP2M Kabupaten Kapuas Hulu dipercaya oleh Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) Jakarta, yang difasilitasi oleh YBM PLN, yang tidak hanya menyalurkan kitab suci Al-Qur'an, namun sebelumnya banyak pula bantuan lainnya yang sudah disalurkan," papar Iwan Setiawan.

    Menurut Iwan, berkat hal tersebut, banyak kemajuan yang dapat dilihat bersama terkait pembinaan iman terhadap para mualaf.

    Pada kesempatan yang sama, Dewan Pembina LP2M Kabupaten Kapuas Hulu, H. Zainuddin, S.Ag, M.Pd, menyatakan penghargaan setinggi-tingginya kepada Wakil Bupati dan Kepala kantor Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu, yang telah menyempatkan diri untuk turut hadir pada kesempatan tersebut.

    "Semoga setelah Al-Quran ini diserahkan dan diterima, dapat menjadi berkah, dan jangan lupa dibaca, dipelajari serta dipraktekkan," tegas Zainudin.

    Pada kesempatan yang sama pula, Kepala MAN 1 Kapuas Hulu, Iskandar Syahputra Gunawan, M. Pd.I, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Wakil Bupati dan LP2M Kabupaten Kapuas Hulu, karena telah berbagi kitab suci Al-Qur'an terhadap Madrasah yang dipimpinnya.

    "Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga kita semua mendapat berkah atas semua ini," tutur Iskandar.

    Senada dengan Iskandar, Kepala MTsN 1 Kapuas Hulu, Fitri Wulansari, S.Pd, juga mengucapkan terimakasih kepada Badan Wakaf Al-Qur'an Jakarta yang mewakafkan Al-Qur'an melalui LP2M Kabupaten Kapuas Hulu kepada MTsN 1 Kapuas Hulu.

    "Semoga dengan adanya kitab suci Al-Qur'an ini, dapat menambah pengetahuan terhadap para siswa siswi tentang Al-Qur'an,' harapnya.

    Adapun kitab suci Al-Qur'an yang diterima oleh LP2M Kabupaten Kapuas Hulu dari Badan Wakaf Al-Quran Jakarta tersebut, merupakan sudah kedua kalinya atau tahap kedua, dimana pada tahap kedua ini sebanyak lima ribu kitab suci Al-Quran yang diterima.

    Sedangkan sebelumnya, yaitu pada tahun 2020 lalu (tahap pertama), LP2M Kabupaten Kapuas Hulu menerima kitab suci Al-Qur'an sebanyak dua ribu kitab (eksemplar). [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak