Recent comments

  • Breaking News

    Panen Padi Milik Sendiri, Cornelis Terus Motivasi Masyarakat untuk Menjaga Ketahanan Pangan

    Anggota Komisi II dan Banggar DPR-RI, Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Kalimantan Barat 1, Drs. Cornelis, MH, bersama kelompok tani Coba Maju, saat di lokasi sawah miliknya, usai melakukan panen perdana calon benih padi unggul varietas Mekongga Benih Pokok, di Takiukng, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.
    LANDAK, Uncak.com - Drs. Cornelis, MH, yang merupakan Anggota Komisi II dan Banggar DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1, melakukan panen perdana calon benih padi unggul varietas mekongga Benih Pokok (BP) atau Benih Label Ungu, bertempat di Takiung, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (13/3/2021).

    Panen perdana padi varietas unggul milik Cornelis, dengan alat mesin pertanian, yang cukup canggih.
    Cornelis mengatakan, dirinya melaksanakan panen calon benih padi unggul varietas Mekongga tersebut, bersama anggota kelompok tani (Poktan) Coba Maju.

    "Hari ini saya melaksanakan panen calon benih padi unggul varietas Mekongga label ungu atau benih pokok (PB), bersama dengan anggota kelompok tani Coba Maju di Takiung, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila," ucap Cornelis, menghubungi media ini, Sabtu (13/3) malam.

    Dijelaskannya, calon benih padi unggul varietas Mekongga label ungu tersebut adalah merupakan miliknya sendiri, yang memang dikembangkan untuk menjadi stok benih di Kabupaten Landak dan bahkan untuk digunakan oleh penangkar-penangkar benih di Kalimantan Barat.

    "Calon benih padi unggul varietas Mekongga label ungu ini adalah milik saya sendiri, yang memang dikembangkan untuk memenuhi stok benih di Kabupaten Landak dan bahkan untuk penangkar-penangkar benih padi unggul di Kalimantan Barat, dengan tujuan utama saya melaksanakan penangkar benih padi unggul ini untuk memotivasi masyarakat agar mau menanam tanaman pangan, terutama padi di sawah, dalam menjaga ketahanan pangan diri sendiri dan keluarga," ujar Cornelis.

    Lebih lanjut Cornelis mengatakan, setelah pengeringan dan pembersihan dilakukan pada calon benih padi unggul varietas mekongga tersebut, akan dilakukan uji laboratorium.

    "Uji laboratorium ini dilakukan dua Minggu setelah pengeringan dan pembersihan calon benih padi unggul varietas Mekongga di UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. Setelah uji laboratorium selesai dan calon benih padi unggul varietas Mekongga ini dinyatakan lulus, barulah benih padi unggul varietas Mekongga label ungu ini bisa disebar kepada penangkar-penangkar benih padi unggul yang ada di Kalimantan Barat," ungkap Cornelis. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak