Recent comments

  • Breaking News

    10 Tahun APK, Tetap Eksis Bangunkan Sahur dengan Penuh Suka Duka

    Armada Pemuda Kedamin, dengan gerobak sahurnya, saat berkeliling membangunkan warga seputaran Kota Putussibau, untuk makan sahur menjelang waktu sahur.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Armada Pemuda Kedamin, atau yang lebih dikenal dengan APK, selalu hadir setiap bulan puasa tiba, mereka memiliki cara tersendiri untuk memeriahkan momen kebesaran umat Islam tersebut.

    Armada Pemuda Kedamin (foto bersama).
    Cara ala anak-anak muda Kedamin, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat itu yakni berkeliling di seputaran Kota Putussibau, mulai dari Putussibau Selatan hingga Putussibau Utara, untuk membangunkan orang-orang, agar mempersiapkan diri untuk makan sahur menjelang waktu sahur.

    Cara tersebut sudah menjadi budaya turun temurun, yang dilakukan APK.

    Tentu saja, yang dilakukan APK tersebut menemui banyak suka maupun duka.

    Walaupun demikian, budaya membangunkan sahur tersebut tetap dilakukan setiap bulan puasa tiba. Karena, mereka meyakini bahwa apa yang mereka lakukan tersebut, tidak lain yakni untuk mendapatkan sebuah pahala dari Yang Maha Kuasa (Allah SWT).

    "Apa yang kami lakukan ini tentunya banyak suka dukanya serta penuh rintangan dan tantangan terutama terkait biaya. Namun, ada kebahagiaan tersendiri yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata," ujar Ketua APK, Syahbirin, dihubungi, Sabtu (24/4/2021).

    Dijelaskan Birin, aktivitas membangunkan sahur setiap bulan puasa tiba, yang dilakukan oleh APK tersebut, berlangsung sejak 2010 lalu, yang kurang lebih telah berlangsung selama 10 tahun memasuki 11 tahun usianya, sejak berdirinya APK.

    "Kalau dulu, ada beberapa orang yang tidak suka dengan kegiatan kami ini. Tapi sekarang hampir tiap-tiap kampung memiliki gerobak sahur, dimana untuk APK sendiri memiliki satu gerobak sahur, dengan beranggotakan sekitar 50 orang," terang Syahbirin. [Noto]

    Berikut video APK saat berkeliling di seputaran Kota Putussibau, dalam rangka membangunkan warga untuk makan sahur menjelang waktu sahur:


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak