Recent comments

  • Breaking News

    Kencana Group Region Kenepai Kembali Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengendalian Karhutla

    Praktek pemadaman api dari PT. KPI.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Perusahaan Perkebunan dan Pengolahan Kelapa Sawit Kencana Group Region Kenepai, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, melalui anak perusahaannya yaitu PT. Kapuasindo Palm Industry (KPI), kembali melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang digelar pada 5 - 7 April 2021.

    Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla dari PT. KPI.
    Sosialisasi pencegahan dan pengendalian Karhutla tersebut ditujukan kepada masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan khususnya di Kecamatan Empanang dan Kecamatan Semitau. 

    Praktek pembuatan cuka kayu.
    Sementara untuk kegiatan pelatihan pengendalian Karhutla, diberikan kepada anggota Tim KTD perusahaan dan Tim KTD Desa Binaan.

    Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

    Estate Manager STWE, Budi Retanto Cahyadi mewakili manajemen PT. KPI menyatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang selalu pihaknya laksanakan setiap tahun.

    "Ini sebagai wujud komitmen serta dukungan perusahaan terhadap program pemerintah untuk mewujudkan Kapuas Hulu yang bebas asap Karhutla," ujar Budi Retanto Cahyadi.

    Kegiatan yang dilaksanakan di Club House Sungai Tawang Estate yang berlokasi di Desa Keling Panggau, Kecamatan Empanang tersebut bekerjasama dengan Manggala AGNI Daops Semitau, yang juga dihadiri oleh beberapa instansi pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu diantaranya Distanakbun Kapuas Hulu, BPBD Kapuas Hulu dan unsur Forkopincam Empanang, yang terdiri dari Camat, Kapolsek, dan Danramil Empanang.

    Hadir sebagai peserta dalam kegiatan sosialisasi tersebut yakni perwakilan dari 5 (lima) desa yang berada di sekitar konsesi perusahaan yang terdiri dari Kepala Desa, Kepala Dusun, Patih, Temenggung, Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan, dan tokoh masyarakat lainnya. 

    Kelima desa tersebut adalah Desa Keling Panggau, Desa Nanga Kantuk, Desa Bajau Andai, Desa Laja Sandang, dan Desa Entipan.

    Camat Empanang, Drs. Donatus Dudang mewakili Forkopincam Empanang dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada PT. KPI yang telah mendukung program pemerintah untuk terus mensosialisasikan tentang pencegahan Karhutla kepada masyarakat.

    "Kedepannya semoga perusahaan terus mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang pencegahan dan penanggulangan karhutla," tutur Dudang. 

    Dudang berharap kepada peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, agar dapat meneruskan dan menyampaikan kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

    Di sisi lain, ada yang menarik dalam kegiatan sosialisasi pengendalian karhutla tersebut, yaitu penyampaian materi dan praktek langsung oleh Manggala AGNI tentang pembuatan cuka kayu sebagai alternatif solusi pembukaan lahan tanpa bakar yang praktis dan mudah untuk diterapkan oleh masyarakat.

    Hal itu terlihat dari antusias peserta kegiatan pada saat berlangsungnya praktek pembuatan cuka kayu tersebut.

    Seperti disampaikan Kadaops Manggala AGNIi Semitau, Ade Arief, S.Hut, dalam pemaparan materinya tentang pembuatan cuka kayu itu, bahwa pembuatan cuka kayu tersebut adalah salah satu solusi permanen pembukaan lahan tanpa bakar yang praktis dan memiliki banyak manfaat yang dikembangkan oleh tim Manggala AGNI.

    "Sekarang kami coba tawarkan kepada masyarakat," terang Ade Arief.

    Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Keling Panggau, Ishak Emanuel Ndoen, juga mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada perusahaan PT. KPI, yang setiap tahunnya melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengendalian Karhutla kepada masyarakat di sekitar perusahaan. 

    “Ditambah lagi kali ini ada materi tentang pembuatan cuka kayu, dan dipraktekkan langsung pembuatannya. Di mana hal ini merupakan hal yang baru bagi kami masyarakat,” ucapnya. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak