Recent comments

  • Breaking News

    Sekda Landak Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Ditanami Tanaman Pangan

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Landak, Vinsensius, S.Sos, MMA, saat memanen jagung yang ditanam di pekarangan Rumah Dinas Sekda Kabupaten Landak, yang merupakan tempat tinggalnya saat ini.
    LANDAK, Uncak.com - Dalam rangka menjaga ketahanan pangan, baik untuk diri sendiri, keluarga bahkan untuk orang lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Vinsensius, mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Landak, memanfaatkan pekarangan rumah, untuk ditanami tanaman pangan.

    "Dalam situasi Pandemi COVID-19 yang melanda ini, alangkah baiknya kita menyediakan bahan pangan secara mandiri, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, demi menjaga ketahanan pangan. Oleh sebab itu saya mengajak masyarakat Kabupaten Landak khususnya, untuk memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing agar tidak dibiarkan kosong," ujar Vinsensius, dihubungi saat panen jagung di pekarangan rumah Dinas Sekda Landak, di Ngabang, Rabu (14/4/2021).

    Vinsensius tidak hanya sekedar mengajak masyarakat tanpa melakukan ketahanan pangan bagi dirinya sendiri dan keluarga, namun dirinya membuktikan langsung yakni dengan memanfaatkan pekarangan tempat tinggalnya, dengan ditanami jagung.

    Hal tersebut dilakukanya selain untuk memotivasi masyarakat, juga untuk menjaga ketahanan pangan, dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis tanaman, salah satunya jagung dan tanaman pangan lainya.

    "Semoga apa yang saya lakukan ini dapat memotivasi masyarakat, khususnya seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Landak, untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing, baik dari yang hobi bercocok tanam maupun yang tidak (belum) memiliki hobi bercocok tanam, sehingga menjadi hobi. Intinya saya berharap agar pekarangan rumah warga tidak dibiarkan kosong," tutur Vinsensius.

    Vinsens menegaskan, pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam tanaman pangan harus menjadi prioritas, dengan tujuan agar masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan pangan, baik bagi dirinya sendiri, keluarga, bahkan bagi orang lain.

    "Semoga Pemanfaatan pekarangan rumah, sebagai tempat budidaya tanaman pangan menjadi prioritas masyarakat Kabupaten Landak, agar hasil panen dapat langsung dirasakan. Hal ini juga dapat mengisi kekosongan selama masa Pandemi COVID-19, dimana kekosongan itu dapat dimanfaatkan dengan melakukan hal positif seperti menanam tanaman pangan di pekarangan rumah,” ungkap mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Landak itu. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan