Recent comments

  • Breaking News

    Pemkab Kapuas Hulu Siapkan Anggaran Rp1,1 Miliar Untuk Penanganan Karhutla

    Tim Damkar BPBD Kapuas Hulu saat bersama padamkan kebakaran lahan.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, lahan dan lainnya, pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,1 miliar lebih.

    "Anggaran sebesar Rp1,1 miliar lebih itu yakni dibagi menjadi tiga kegiatan dalam penanganan Karhutla," kata Lugit Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kapuas Hulu, Selasa (27/7/2021).

    Lugit menyampaikan, tiga kegiatan untuk penanganan Karhutla teraebut diantaranya Anggaran Pemadaman Langsung sebesar Rp450 juta, Anggaran Posko Karhutla Rp480 juta dan Anggaran Patroli Karhutla Rp200 juta. Sehingga totalnya Rp1,130 miliar. 

    "Sejauh ini yang kita turun langsung memadamkan bersama tim gabungan yakni di 4 titik Karhutla," ujarnya. 

    Lanjut Lugit, anggaran ini adalah anggaran khusus untuk Karhutla, di mana sepanjang tidak ada aktifitas dari tiga kegiatan itu maka tidak boleh digunakan. 

    "Jadi sepanjang tidak ada kegiatan berkaitan dengan karhutla, anggaran tidak akan digunakan," ucapnya.

    Dirinya berharap Karhutla tidak ada dalam skala besar di Kabupaten Kapuas Hulu. Di mana untuk masyarakat sendiri ketika membuka lahan dengan cara membakar sudah diatur dalam Pergub maupun Perbup.

    Lugit menjelaskan, untuk mekanisme jika masyarakat ingin didampingi saat pembakaran lahan, di mana masyarakat bisa membuat laporan kepada Desa, selanjutnya Desa akan menyampaikan ke Camat dan Camat akan menyampaikan kepada pihaknya. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak