Recent comments

  • Breaking News

    Warga Dangkan Peringati HUT RI ke-76 di Puncak Bukit Sagu

    Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 di puncak bukit Sagu Desa Nanga Dangkan, Kec. Silat Hulu, Kab. Kapuas Hulu, Kalbar, Selasa (17/8/2021).

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    HUT kemerdekaan RI selalu di peringati dengan menggelar upacara bendera oleh setiap lapisan masyarakat. Dan pelaksanaannya selalu digelar dengan seremonial dan semeriah mungkin.

    Namun, beda yang dilakukan oleh beberapa warga serta komunitas di Desa Dangkan, Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

    Dimana mereka melakukan upacara bendera di atas puncak bukit Sagu di desa setempat.

    Menurut Kades Nanga Dangkan Antonius Marten kepada media ini saat dihubungi via WhatsApp Selasa (17/8/2021), mengatakan jika giat upacara tersebut atas usulan serta inisiatif dari para pemuda-pemudi Desa Dangkan.

    "Giat tersebut atas usulan Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Nanga Entibab bersama Karang Taruna Desa Nanga Dangkan," kata Antonius Marten, Selasa (17/8).

    Karena masih masa Pandemi, dan pelaksanaan upacara bendera di pusat Kecamatan Silat Hulu dibatasi sebanyak 40 orang saja, maka banyak dari warga serta pemuda-pemudi yang ada ingin turut serta juga dalam pelaksanaan upacara bendera tersebut, tambah Marten.

    "Karena tidak bisa ikut serta memperingati HUT RI ke-76, maka mereka mengusulkan kepada saya untuk mengadakan upacaranya di puncak bukit Sagu bersama beberapa komunitas lainnya," jelasnya.

    Mereka meminta saya juga hadir dan langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup). Akhirnya saya setujui dan pelaksanaannya digelar usai saya mengikuti upacara bendera di Kecamatan, ujar Marten.

    "Karena rasa semangat serta motifasi mereka akan cinta NKRI, mereka berpendapat ada yang kurang jika mereka tidak mengikuti perayaan upacara benderanya, walau dengan keterbatasan dan sesederhana mungkin mereka tetap ingin menggelarnya", terang Marten.

    Upacara bendera tersebut juga diikuti oleh Mahasiswa STKIP Sintang yang sedang melaksanakan PPL di Desa Dangkan Kota, Kecamatan Silat Hulu, jelasnya.

    Harapan mereka sebagai generasi muda juga semoga Pandemi Covid-19 yang melanda segera berlalu, sehingga kedepan mereka bisa ikut merayakannya, ungkapnya.

    "Saya juga berharap upacara yang digelar di puncak bukit Sagu sebagai rasa semangat juang dalam mengisi pembangunan bangsa dan NKRI tetap jaya membumbung tinggi menuju puncak kejayaan seperti diatas perbukitan tertinggi," pungkas Marten singkat.

    Dalam upacara tersebut hadir juga Kades Dangkan Kota. Selain itu dibantu juga oleh salah satu anggota TNI dari Koramil 1206-17/Silat Hulu sebagai komandan upacara.

    Pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 yang digelar di puncak bukit Sagu, Desa Nanga Dangkan tersebut berjalan lancar dan khidmat hingga selesai. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak