Recent comments

  • Breaking News

    Hasil Musdat 2021, Suku Dayak Banuaka' Taman Tetapkan Salam Persatuan

    Ambrosius Sadau, Pimpinan Sidang Musdat Banuaka' Taman Kapuas Hulu tahun 2021.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Dalam rangkaian pelaksanaan Musyawarah Adat (Musdat) Banuaka' Taman Kapuas Hulu, selain membahas revisi terkait buku adat istiadat dan hukum adat Banuaka' Taman, peserta musdat juga melakukan pembahasan terhadap salam persatuan Banuaka' Taman. 

    Dari hasil Musdat atau Kombong Raa tersebut setidaknya ada muncul 4 usulan salam Banuaka' Taman. 

    Namun dari hasil pengkajian dan pertimbangan peserta musdat menyepakati dan menetapkan salah satu salam banuaka' taman yang sah digunakan oleh seluruh masyarakat taman dimanapun berada dan pada acara apapun. 

    Adapun salam Banuaka' Taman yang sudah ditetapkan yakni "Simalo' Malo'ki', Manjujurang Kamaman, Maniroi Jo Iyang Suka", yang artinya (Mari bersama-sama melakukan kebaikan meneladani yang Maha Kuasa), dan dijawab LoLoLoiii (untuk laki-laki) Lililiii (untuk perempuan). 

    Pembahasan tersebut dilakukan dipenghujung sidang panel yang dipimpin oleh pimpinan sidang Ambrosius Sadau, Senin malam (13/9/2021).
    Suasana sidang panel membahas terkait hasil revisi adat istiadat dan hukum adat, serta salam persatuan Banuaka' Taman Kapuas Hulu, Senin (13/9/2021).

    Ambrosius Sadau menegaskan bahwa sangat penting merumuskan dan menetapkan serta mengukuhkan salam persatuan Banuaka' Taman, karena saat ini memang sudah ada salam yang dipakai warga Banuaka' Taman di Pontianak maupun Banuaka' Taman di Kapuas Hulu dan itu masih digunakan di wilayah masing-masing. 

    "Oleh karenanya sangat penting Banuaka' Taman mempunyai salam persatuan yang merupakan hasil kesepakatan di dalam musdat atau Kombong Raa ini," ucapnya.

    "Saya berharap salam banuaka' taman ini dapat digunakan dan diperkenalkan oleh seluruh masyarakat banuaka' taman dimanapun berada, harap Ambrosius Sadau.

    Sementara itu perwakilan dari empat temenggung Petrus Tampang menyambut baik ditetapkannya salam persatuan banuaka' taman. Menurutnya hal ini sebenarnya sudah lama dicita-citakan masyarakat banuaka' taman, namun karena penetapan itu harus melalui Kombong Raa, maka baru pada kesempatan ini dapat dilaksanakan. 

    "Saya berharap salam banuaka' taman ini dapat disosialisasikan kepada semua masyarakat khususnya banuaka' taman dan banuaka' taman wajib mengetahui salam persatuan ini," tutupnya. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak