Recent comments

  • Breaking News

    Tahun Ini Dua Puskesmas di Kapuas Hulu Kembali di Bangun

    Pembangunan salah satu Puskesmas.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu kembali membangun dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) pada tahun 2021 ini.

    Pembangunan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pelayanan Dasar. Dua Puskesmas yang sedang dibangun tahun 2021 ini ialah Puskesmas Putussibau Selatan dan Puskesmas Hulu Gurung.

    Nanang Fadli Kepala Seksi Fasilitas Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, pembangunan dua Puskesmas tersebut masing - masing anggaranya sebesar Rp8,7 milyar. 

    "Didalam pembangunan Puskesmas tersebut juga dibangun masing - masing dua rumah dinas. Artinya satu paket dengan pembangunan Puskesmas," ujarnya. 

    Nanang mengatakan, untuk pembangunan Puskesmas di Hulu Gurung dikerjakan oleh PT. Pangkalan Bangun Borneo, sementara Puskesmas Putussibau Selatan dikerjakan oleh PT. Bintang Kapuas Mandiri. 

    "Saat ini kedua Puskesmas tersebut masih dalam proses pengerjaan," ucap Nanang. 

    Lanjut Nanang, pembangunan Puskesmas ini mengacu pada Permenkes nomor 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Proyek ini merupakan proyek strategis yang didampingi oleh Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu. 

    "Kita harapkan dengan adanya fasilitas kesehatan yang sudah memadai nanti dan didukung oleh tenaga medis dan para medis yang ada, semoga mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin meningkat," harapnya. 

    Selain itu kata Nanang, diharapkan dengan pembangunan Puskesmas yang baru ini, akreditasi puskesmas menjadi meningkat pula seperti untuk Puskesmas Putussibau Selatan dari utama menjadi paripurna.

    "Sedangkan untuk Puskesmas Hulu Gurung dari Madya bisa naik ke paripurna," harapnya. 

    Sambung Nanang, program pembangunan puskesmas dan rumah sakit di Kapuas Hulu yang bersumber dari DAK ini merupakan program dari nawacita Presiden RI khususnya untuk daerah - daerah yang berbatasan dengan Negara tetangga salah satunya Kapuas Hulu yang berbatasan dengan Malaysia. 

    "Di Kapuas Hulu tinggal 7 Puskesmas lagi yang belum dibangun sesuai prototipe dari Kemenkes RI," jelasnya. 

    Sementara itu Dasmiati Olfah Kepala Puskesmas Putussibau Selatan mengharapkan semoga kedepannya dengan adanya bangunan Puskesmas yang sudah cukup memadai, pihaknya juga akan berusaha meningkatkan pelayanan semaksimal mungkin untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kapuas hulu khususnya masyarakat Kecamatan Putussibau Selatan. 

    "Karena saya rasa dengan kantor Puskesmas Putussibau Selatan yang ini kurang efektif karena kurangnya sarana prasarana ,misalnya dalam hal bangunan kami harus melaksanakan pelayanan di ruangan yang sempit dan harus berbagi ruangan antara beberapa program. Tapi kami tetap berusaha melaksanakan pelayanan semaksimal mungkin," jelasnya. 

    Perlu diketahui dari tujuh Puskemas di Kapuas Hulu yang akan dibangun pada tahun 2023 yakni Puskesmas Embaloh Hilir, Boyan Tanjung, Pengkadan, Jongkong, Silat Hilir, Semitau dan Selimbau. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak