Recent comments

  • Breaking News

    Lulus Rehabilitasi, Maya, Selly dan Nicky Dilepas di Kapuas Hulu

    Ketiga Orangutan yang lolos rehabilitasi akhirnya dilepas di Kapuas Hulu.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) menjadi tuan rumah bagi tiga individu Orangutan (Pongo pygmaeus pygmaeus) betina yang telah lulus rehabilitasi di Sekolah Hutan Jejora yang dikelola oleh Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang (YPOS).

    Ketiga Orangutan  betina bernama Maya 7 tahun 10 bulan berasal dari Desa Betangai Kecamatan Nanga Sokan Kabupaten Melawi, Selly 8 tahun berasal dari Kecamatan Belimbing Selatan Kabupaten Melawi dan Nicky 10 tahun  berasal dari Desa Pandan Sembuat Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau.

    "Ketiganya di rescue oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat bersama YPOS," kata Hasudungan Pakpahan selaku Ketua YPOS, Senin (11/10/2021). 

    Hasudungan mengatakan, pelepasan Orangutan kali ini merupakan pelepasliaran tahap kedelapan  dengan total 19 individu Orangutan telah kembali kehabitatnya.

    Orangutan yang dilepasliarkan telah menjalani proses cukup panjang yang mencakup pelatihan kemampuan dasar seperti memanjat, memilih makanan, membuat sarang  serta  kemampuan individu untuk bertahan hidup di hutan.

    “Setelah dilakukan pengecekan medis, ketiganya dinyatakan negatif dari penyakit, kemudian dalam pengamatan dan evaluasi ketiganya mampu beradaptasi dengan alam sehingga dapat di lepasliarkan” jelasnya.  

    Fery AM Liuw Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin Balai Besar TaNa Bentarum mengatakan, kegiatan pelepasliaran ini merupakan kerjasama antar tiga pihak yaitu Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat dan Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang. Ketiga pihak turut hadir mengantar Orangutan untuk dilepasliarkan sekaligus menandatangani berita acara serah terima Orangutan.

    "Kegiatan pelepasliaran Orangutan dan keberadaannya di Sub DAS Mendalam ini tidak lepas dari peran serta masyarakat yang telah melindungi dan menjaga kelestarian kawasan Taman Nasional Betung Kerihun selama ini," pungkas Fery. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan