Recent comments

  • Breaking News

    13 Desa di Kapuas Hulu Dana Desa Tak Cair


                                 Alfian 

    KAPUAS HULU - Kabupaten Kapuas Hulu terdapat 13 desa yang sulit cari Dana Desa nya tahun 2021. Total dari 14.desa yang sulit mencairkan dana desa tersebut berjumlah Rp2,7 miliar.

    "Kalau diperhitungkan dari 13 desa kurang lebih Rp 2,7 miliar tak bisa dicairkan, dimana mereka yang menggunakan, mengusulkan dan mempertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan menteri tentang pengolahan dana desa, dan mereka merencanakannya, tapi mengapa tidak mampu melaksanakan itu," kata Alfian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (21/12/2021).

    Alfian menyampaikan, faktor penghambat pencairan dana desa tahap kedua tersebut tidak bisa dicairkan tahun 2021. Kemungkinan banyak hal-hal yang tidak sepakat di dalam desa itu sendiri.

    "Kami juga tidak akan bisa mencairkan dana desa tanpa ada rekomendasi camat," ucapnya.

    Faktor lainnya kata Alfian, yakni persoalan ada pekerjaan pembangunan di desa belum selesai, karena faktor dari bencana alam.

    "Secara keseluruhan sudah sekitar 82,5 persen penyarapan dana desa di Kabupaten Kapuas Hulu pada tahun 2021. Buktinya Kapuas Hulu dapat apresiasi dari gubernur Kalbar, karena penyerapan dana desa sudah mencapai 82,5 persen," ujarnya.

    Sementara Yusuf Basuki Ketua APDESI Kapuas Hulu mengatakan, dalam hal tersebut pihaknya sering mengingatkan kepada desa-desa yang telat dalam pengolahan dana desa tersebut.

    "Memang keterlambatan dalam penggunaan dana desa, sangat mempengaruhi kinerja desa," pungkansya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Uncak