Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Kapuas Hulu Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarang Tempat di Kecamatan Silat Hilir


    Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan saat menghadiri kegiatan ODF di Kecamatan Silat Hilir. Istimewa

    KAPUAS HULU -  Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan beserta rombongan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (ODF) di Desa Miau Merah, Rumbih dan Bukit Penai Kecamatan Silat Hilir. (16/12/2021). Kegiatan yang berlangsung dan dipusatkan di Desa Miau.

    Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, bahwa dari 282 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Hingga bulan Desember tahun 2021 ini, baru 37 desa (13,7 persen) di 16 Kecamatan yang sudah layak menjadi desa ODF. Sedangkan akses sanitasi jamban sehat di kecamatan Silat Hilir sebanyak 73,2 persen. 

    "Untuk saat ini Kecamatan Silat Hilir telah mampu mencapai 3 desa ODF pada tahun 2021," kata Bupati. 

    Bupati disapa Sis ini menyampaikan deklarasi stop buang air besar di sembarang tempat atau ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa yang dengan kemandiriannya mampu merubah perilaku masyarakat menuju perilaku hidup yang lebih bersih dan sehat dari masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat. 

    "Hal ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan" ungkap Fransiskus Diaan.

    Bupati juga mengucapkan selamat serta menyampaikan rasa terimakasih dan rasa bangga kepada kepala desa dan seluruh masyarakat desa Miau Merah, Rumbih, dan Bukit Penai yang telah berkomitmen untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat melalui gerakan stop buang air besar di sembarang tempat.

    "Saya berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan dan berkelanjutan agar seluruh masyarakat di desa ini tetap sehat dengan lingkungan dan kebersihan nya yang selalu terjaga" harapnya. 

    Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan, ada yang menjadi hambatan dan masalah saat ini di Kecamatan Silat Hilir yaitu pengelolaan sampah rumah tangga yang aman dan pengelolaan limbah cair rumah tangga karena masih banyak rumah tangga yang belum memiliki tempat sampah yang memenuhi standar

    "Untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat Pemerintah telah merencanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)" terang Fransiskus Diaan

    Sambungnya, seluruh Kepala desa yang ada di Kecamatan Silat hilir dan desa-desa di kecamatan lain yang ada di kabupaten Kapuas Hulu agar bisa berkomitmen juga melaksanakan prilaku hidup sehat.

    "Saya minta agar seluruh kepala desa kiranya dapat meningkatkan cakupan desa stop buang air besar sembarangan tempat" pungkas Bupati. (rin) 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan