Recent comments

  • Breaking News

    Dinkes Kapuas Hulu Gelar Puncak Peringatan HKN ke 57


    Peringatan HKN ke 57 di Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu. Istimewa

    KAPUAS HULU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu melaksanakan Pelayanan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 di halaman kantor Dinkes, Senin (6/12/2021)  HKN tahun ini mengangkat tema "Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku" kegiatan dihadiri Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, SH, Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, para pejabat dan jajaran dilingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu. Hadir juga lintas sektor, para Kepala Puskesmas, para pensiunan tenaga kesehatan Puskesmas dan Rumah Sakit, dan Kepala Puskesmas beserta  tamu undangan lainnya.

    Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu H. Sudarso, S.Pd.,MM mengungkapkan, HKN kali ini hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama dalam penerapan protokol kesehatan, dan mendukung gerakan vaksin.

    "Disamping itu, sebagai apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mendukung penanganan Covid-19," ungkap Sudarso.

    Selain itu, untuk mendorong fasilitas kesehatan dan sebagai momentum penyatuan semangat dan edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam kesehatan.

    Lebih lanjut Sudarso menambahkan, melalui momentum HKN ini juga diharapkan terwujudnya masyarakat yang perilaku Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ditengah pandemi Covid-19. 

    "Tak hanya itu, moment HKN juga diharapkan menjadi penyemangat bagi sektor kesehatan dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat," tambah Sudarso.

    Serangkaian dengan kegiatan HKN yang jatuh pada 12 November 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu beserta segenap jajaran ditingkat Puskesmas juga telah melaksanakan kegiatan vaksinasi, sunatan masal, skrining PTM, senam dan berbagai kegiatan perlombaan.

    Pada kesempatan yang sama, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah melaksanakan berbagai upaya dalam mencegah, dan menurunkan penyebaran kasus covid-19.
    Bupati F. Diaan juga mengingatkan masyarakat hendaknya selalu waspada terhadap potensi lonjakan Covid-19. Kemudian dari perilaku kehidupan sehari - hari, penerapan Prokes agar terus  dijalankan dengan disiplin.

    "Upaya ini sebagai langkah yang tidak berhenti kita lakukN, agar kita bisa mengantisipasi lonjakan Kasus Covid-19," pesan Bupati.
    Terkait capaian vaksin, orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini menyampaikan sudah lebih dari 50 persen. Untuk itu Bupati Fransiskus Diaan mengucapkan banyakan terimakasih kepada relawan dan organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, TNI - Polri, Partai Politik yang telah membantu Pemda dalam mensukseskan gerakan vaksinasi tersebut.

    "Kami sangat bangga sekali, bahwa berbagai ormas turut berpartisipasi, organisasi kepemudaan, parpol, TNI - Polri. Dimana ter tanggal 4 Desember 2021 ini sudah mencapai 52,31 persen," ucap Bupati Fransiskus Diaan.

    Bupati menerangkan bahwa tingkat capaian vaksinasi ini tergantung stok vaksin untuk Kabupaten Kapuas Hulu. Dimana jumlahnya masih terbatas, maka dirinya berharap  perlu penambahan.

    "Kalau kita melihat tingkat antusias masyarakat menerima Vaksin sangat tinggi. Demikian juga 
    Semangat tenaga kesehatan di Puskesmas yang sangat luar biasa. Namun karena kuota kita yang kurang, karena harus menunggu pengiriman dari pemprov, pemprov juga menunggu jatah pusat," jelas Bupati.

    Kembali Bupati menekankan bahwa trend penularan Covid-19 memang menurun, namun jangan lengah, tetap waspada dan menjalankan dengan disiplin protokol kesehatan. 

    "Karena saya melihat beberapa tempat yang kita datangi sudah mulai agak kendor.  Pandemi Covid-19 ini belum berakhir, maka perlu edukasi dan pemahaman dari kita semua, sehingga Covid-19 hilang dan kehidupan kita normal kembali," pungkas Bupati Fransiskus Diaan. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Uncak