Recent comments

  • Breaking News

    Benarkah Jembatan Kapuas Putussibau Retak?


    Jembatan Kapuas Putussibau, Istimewa

    KAPUAS HULU - Jembatan Kapuas Putussibau diduga mengalami keretakan penurunan atau pergeseran jembatan diduga akibat pondasinya terkikis, longsor oleh arus air sungai yang sangat deras.  

    "Secepatnya harus di pasang barau atau penahan arus dan bukan penggantian karet jembatan yang diutamakan karena keretakan jembatan disebabkan penurunan atau pergeseran jembatan akibat pondasinya terkikis longsor oleh arus air sungai yg sangat deras bukan getaran karetnya yang mengakibatkan keretakan jembatan.  

    "Dimohon kepada pemerintah terkait agak secepatnya menanggapi sebelum memakan korban," kata Kahar Warga Kapuas Hulu, Rabu (5/1/2022). 

    Sementara Muhammad Kharbi Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Bina Marga SDA Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa jembatan Kapuas Putussibau merupakan kewenangan dari Balai Pelaksana Jalan Wilayah Kalbar.

    "Menurut info yang saya dapat itu bukan retak tapi pihak balai lagi melakukan pemeliharaan penggantian karet elastomer jembatan," ujarnya. 

    Pria disapa Bobi ini mengatakan,  penggantian karet elastomer jembatan Kapuas Putussibau itu bukan berarti kondisi jembatan yang ada tersebut mengkhawatirkan. 

    "Karet elastomer itu memang ada pemeliharaannya dan harus diganti secara berkala, bisa 10 tahunan tergantung ketahanannya. Insyallah jembatan aman," ucapnya. 

    Sementara Daniel PPK di Satker PJN III Kalbar BPJN Kalimantan Barat menyampaikan bahwa jembatan tersebut sedang dalam perbaikan yaitu penggantian elastomer di perletakan jembatan. 

    "Anggapan keretakan sebetulnya tidak terjadi hanya bersifat sementara dikarenakan pada saat penggantian elastomer yang baru perlu dilakukan pendongkrakan jembatan sehingga nampak terjadi perbedaan tinggi di expansion joint jembatan, namun setelah elastomer baru tersebut terpasang hal tersebut akan kembali normal," jelasnya. 

    Daniel mengatakan, saat ini sudah di titik ketiga dari rencana 4 titik elastomer yang dilakukan penggantian dengan yang baru.
    "Masyarakat pun tidak perlu khawatir dengan kondisi jembatan tersebut," ucapnya. 

    Sementara Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyampaikan, bahwa jembatan Kapuas Putussibau itu bukan retak tapi lagi mengalami perbaikan yakni pergantian karet elastomer. 

    "Justru dengan pergantian karet elastomer tersebut untuk memperbaiki jembatan tersebut," ucapnya. 

    Untuk itu Wahyu berpesan agar masyarakat tidak berpikir negatif tentang jembatan tersebut, karena jembatan Kapuas Putussibau itu masih dalam kondisi baik.  
    "Intinya jembatan tersebut masih dalam pemeliharaan," pungkansya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Uncak