Recent comments

  • Breaking News

    Koperasi di Kapuas Hulu Banyak Tak Aktif


    Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu saat melakukan pembinaan kepada koperasi. Istimewa 

    KAPUAS HULU - Banyaknya koperasi di Kabupaten Kapuas Hulu yang tidak aktif membuat Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu akan bertindak tegas akan melakukan pembubaran terhadap koperasi yang tidak aktif tersebut.

    "Di Kapuas Hulu ini ada 263 koperasi, namun yang aktif hanya 93 saja. Sementara yang tidak aktif berjumlah 170," kata Sutanto Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (17/03/2022).

    Sutanto mengatakan, pembubaran koperasi yang tidak aktif tersebut, pihaknya akan membentuk tim terlebih dahulu karena untuk membubarkan koperasi yang tidak aktif ini pihaknya tidak bisa bekerja sendiri.

    "Setelah tim ini dibentuk nanti abru akan ditelusuri di setiap kecamatan mana saja yang tidak aktif," ungkapnya.

    Lanjut Sutanto, dirinya menduga banyaknya koperasi tidak aktif karena waktu dulu pembentukan koperasi zaman Illegal logging, saat itu masyarakat untuk mendapatkan lokasi sehingga bentuk koperasi.

    "Banyaknya koperasi tidak aktif ini tentunya sangat berpengaruh terhadap indikator kerja utama, makanya harus dihapus. Koperasi yang tidak aktif banyak bergerak di simpan pinjam dan usaha," ujarnya.

    Selama ini kata Sutanto, selama ini untuk koperasi yang aktif pihaknya selalu melakukan pembinaan berupa pelatihan seperti memberikan pemahaman berupa laporan keuangan.

    "Kalau koperasi sehat dan aktif kita bisa merekomendasikan mereka untuk mendapatkan bantuan modal berupa KUR ke KPPN," pungkasnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak
    Uncak
    Uncak
    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak