Recent comments

  • Breaking News

    Polres Kapuas Hulu Gelar Apel Atasi Karhutla


    Kapolres Kapuas Hulu France Yohanes Siregar saat memimpin apel. Istimewa

    KAPUAS HULU - Polres Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka operasi kepolisian kewilayahan Bina Karuna Kapuas Tahun 2022, Selasa (08/03/2022). Kegiatan apel pun dipimpin langsung oleh Polres Kapuas Hulu.

    Apel gelar pasukan yang dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu melibatkan TNI Polri, Satpol PP, TNBKDS, BPBD dan lainnya.

    Kapolres Kapuas Hulu saat membacakan amanat dari Kapolda Kalbar Irjen Pol. Suryanbodo Asmoro menyatakan Kalimantan Barat termasuk salah satu Provinsi yang rawan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutla).

    "Dimana faktor pemicu terjadinya kebakaran adalah pembakaran lahan perkebunan dengan cara dibakar dan tidak terkendali sehingga membakar lahan gambut lainnya," kata Kapolres.

    Dalam menyampaikan sambutan Kapolda Kalbar, Kapolres mengatakan, upaya penanggulangan Karhutla dapat dilakukan dengan upaya Preemtif antara lain pemetaan Hotspot, deteksi dini, melakukan himbauan, melakukan sosialisasi kepada pihak perusahaan dan masyarakat, melakukan kegiatan koordinasi dengan instansi lain, memberdayakan peran Bhabinkamtibmas, memberdayakan peran Tomas dan mendorong Pemda melakukan upaya sesuai Tupoksinya.

    "Upaya Preventif antara lain dengan melakukan patroli bersama, patroli udara, mendatangi TKP dan melakukan pemadaman bersama sama serta mengajak masyarakat dan perusahaan guna mengantisipasi kebakaran," ujar Kapolres.

    Untuk itu Kapolres mengajak bersama menjaga dan melestarikan hutan agar udara tetap segar dan sehat di Kapuas Hulu dengan terjaganya udara yang sehat dapat membuat tubuh sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

    Sementara Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, bahwa Pemda Kapuas Hulu telah melakukan upaya persiapan sepanjang tahun 2021. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membentuk kelompok relawan dan melakukan pelatihan.

    "Jadi sepanjang tahun 2021 sudah dilakukan pelatihan-pelatihan di kecamatan. Pada intinya kita sudah siap," ujarnya.

    Bupati Sis menghimbau masyarakat agar saat membuka lahan mengikuti arahan yang telah ditetapkan dari Pemerintah. Pembukaan lahan sudah ada ketentuannya, ketika membuka lahan apa yang dipersiapkan dan lapor kemana itu sudah ada ketentuannya. "Itu saja yang harus di ikuti, aturannya ada di Perbup Kapuas Hulu nomor 51 tahun 2020," pungkas Bupati.(rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak
    Uncak
    Uncak
    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak