Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Sebut Jabatan Fungsional Saat Ini Jadi Primadona

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, melantik 157 ASN di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, menjadi pejabat fungsional.
    KAPUAS HULU, Uncak.com -157 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, menjadi pejabat fungsional.

    Ke-157 ASN tersebut, dilantik oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, di Aula Kantor Camat Putussibau Selatan, Selasa (18/07/2023).

    Adapun rinciannya yakni 69 ASN ditempatkan di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, 86 ASN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu dan 2 ASN ditempatkan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

    Pada kesempatan itu, Bupati Fransiskus Diaan menegaskan bahwa sistem pengembangan karier ASN di Indonesia ada dua jalur besar yaitu karier pada jabatan struktural dan karir pada jabatan fungsional, dimana saat ini kebijakan pemerintah sangat fokus terhadap keberadaan jabatan fungsional. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya penyederhanaan birokrasi dimana untuk Pemerintah Kabupaten/Kota, pejabat struktural pengawas sebagian besar telah dikonversi ke dalam jabatan fungsional.

    "Keberadaan jabatan fungsional dipandang akan lebih cepat memacu gerak birokrasi dan lebih fleksibel dalam penyelesaian-penyelesaian pekerjaan organisasi," ujar Bupati.

    Dijelaskannya, pada aspek pengembangan karier jabatan fungsional, saat ini juga telah disederhanakan, dimana pengumpulan angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat hanya cukup dikonversi dari nilai kinerja atau SKP saja, sehingga para ASN tidak terlalu direpotkan pada urusan administrasi dan akan lebih fokus pada penyelesaian pekerjaan teknis sesuai fungsi yang dijalankan. 

    "Beberapa kebijakan pemerintah yang saya sampaikan ini membuktikan bahwa jabatan fungsional saat ini telah menjadi primadona, karena disamping memiliki kemudahan berkarir, juga memiliki tunjangan jabatan yang nilainya relatif sama dengan jabatan struktural," jelas Bupati.

    Bupati menyatakan bahwa dirinya sangat mendukung kehadiran jabatan fungsional dalam pengisian ruang-ruang birokrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. 

    "Saya mengharapkan agar saudara-saudari yang baru saja dilantik tidak hanya semata-mata murni melaksanakan peran dan fungsi sebagai pejabat   fungsional, melainkan juga mampu bersinergi dalam rangka membantu unit organisasinya dalam menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan. Mari tunjukan prestasi kerja yang baik ke depan," ungkap Bupati. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan