Recent comments

  • Breaking News

    Pesan Cornelis kepada Petani: Jangan Pelit Berbagi Ilmu Pertanian Agar Semua Petani Berhasil

    Drs. Cornelis, MH, saat memberi motivasi kepada para peserta Bimtek.
    LANDAK, Uncak.com - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pontianak, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Kabupaten Landak, bertempat di Takiung, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Senin (07/08/2023).

    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi II, Fraksi PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1, Drs. Cornelis,.MH. 

    Bimtek sertifikasi benih tanaman pangan.
    Pada kesempatan itu, Cornelis menyatakan bahwa kegiatan pelatihan penangkar benih tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk melatih para petani penangkaran benih agar lebih terampil dalam penangkaran benih, supaya ketersediaan benih khususnya di Kabupaten Landak selalu tersedia.

    Selain itu, benih yang ditanam masyarakat juga harus memiliki kualitas yang baik serta sudah disertifikasi, dan yang lebih penting yaitu tidak merugikan petani itu sendiri.

    "Hasil dari pertanian tanaman padi ini, tidak hanya semata-mata dari benihnya, melainkan juga dari air, pengolahan lahannya, perawatannya, serta masih banyak lagi yang harus dipahami, begitu pula dari pengganggu tanaman padi lainnya, ditambah lagi iklim yang tidak menentu, yang dikenal dengan sebutan global warming yaitu perubahan iklim yang tidak menentu di muka bumi ini, yang dapat menyebabkan pertumbuhan padi itu terganggu, sehingga dengan pelatihan ini kita dapat belajar bagaimana cara mengatasi itu semua," ujar Cornelis.

    Foto bersama usai kegiatan.
    Cornelis berpesan kepada para peserta, agar mengikuti pelatihan tersebut dengan serius, dengan sungguh-sungguh, bertanggung jawab dan kemudian diaplikasikan (dipraktekkan) supaya tidak menanam benih padi sembarangan. Ia juga berpesan agar nantinya ilmu yang didapatkan dapat dibagikan dengan orang lain, khususnya kepada sesama petani, supaya apa yang diketahui, dapat diketahui pula oleh petani lainnya sehingga dapat berhasil bersama dalam bidang pertanian.

    "Karena pelatihan penangkaran benih semacam ini tidak mungkin dilaksanakan di setiap musim tanam, maka dari itu ilmu atau pengetahuan yang didapatkan dalam pelatihan penangkaran benih ini dibagikan pula dengan orang lain, jangan pelit, agar para petani lainnya di Kabupaten Landak ini cerdas-cerdas dan berhasil semuanya," pesan Cornelis.

    Menurut Cornelis, selaku anggota DPR RI, dirinya wajib memberikan motivasi dan contoh yang baik kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan ketahanan pangan sebagaimana instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

    "Jadi, kami selaku anggota DPR itu wajib memberikan motivasi, memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana pentingnya pangan ini, sesuai dengan instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri untuk selalu memotivasi masyarakat. Jangan sampai masyarakat itu kelaparan. Jadi, tanamlah tanaman pangan seperti  padi, jagung, kedelai, sukun, porang, dan tanaman pangan lainnya, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga," ungkap Cornelis. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan