Recent comments

  • Breaking News

    Usai Guncang Dua Desa, Gempa Kembali Guncang Kapuas Hulu

    Parameter gempa bumi (BMKG).
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Gempa kembali guncang Kapuas Hulu. Kali ini beberapa wilayah di diguncang, Senin (25/03/2024) pukul 18:54:24 WIB (waktu disesuaikan).

    Sebelumnya, yakni pada Selasa (19/03/2024) sekitar pukul 21.00 WIB, juga terjadi guncangan melanda dua desa di Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Desa Jelemuk dan Desa Nanga Mandai, Kecamatan Bika.

    Khusus pada malam ini, gempa bumi yang mengguncang Kapuas Hulu merupakan gempa bumi tektonik M=4.3.

    Hal tersebut berdasarkan keterangan tertulis dari Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, yang dikutip awak media ini dari laman resmi BMKG.

    "Dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.3. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.14 LU dan 113.0 BT, atau tepatnya berlokasi 34 km Barat Laut Kapuas Hulu -Kalbar pada kedalaman 10 km," ujarnya.

    Ia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

    "Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kapuas Hulu dengan intensitas III MMI, atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," jelasnya.

    Menurutnya, hingga pukul 19:22:10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

    Ia menghimbau kepada masyarakat di wilayah Kapuas Hulu dan sekitarnya, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    "Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," imbaunya.

    Ia pun menyebut bahwa hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

    Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, guncangan tersebut tidak hanya terjadi di wilayah Putussibau dan sekitarnya saja, namun juga terjadi di Kecamatan Mentebah hingga Bunut Hulu. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan