Recent comments

  • Breaking News

    Panen Perdana Rendengan Gapoktan Rasau Indah dan Longoi Permai Desa Semangut Utara

    Padi

    Kapuas Hulu, [Uncak.com] - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Rasau Indah dan Longoi Permai Desa Semangut Utara Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu melakukan panen perdana serta pengambilan ubinan hasil panen rendengan padi lokal lahan kering, Sabtu (14/1/17).

    Acara panen perdana ini di fasilitasi oleh swadaya petani dari kedua kelompok tani tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Camat Bunut Hulu, Danramil, Kades Semangut Utara beserta seluruh perangkatnya, beberapa kades di Kecamatan Bunut Hulu, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Bunut Hulu,  para petani, masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Kades Semangut Utara Sumadi, menyampaikan kendala yang dihadapi oleh para petani adalah belum memiliki lahan persawahan, sehingga untuk saat ini warganya masih bertani dengan cara berladang, padahal pemerintah telah melarang keras untuk membakar lahan, ujarnya. 

    Sumadi menjelaskan, kelompok tani di desanya saat ini berjumlah lima kelompok dan telah terdaftar secara administrasi sejak tahun 2014 lalu. 

    Lebih lanjut sumadi mengatakan bahwa petani di desanya bekerja sudah sangat maksimal demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka di bidang pertanian, namun terkendala karena belum adanya lahan persawahan. 

    Oleh sebab itu, ia mengharapkan campur tangan pemkab kapuas hulu terutama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu untuk segera membangun percetakan sawah, sebab dengan adanya lahan persawahan maka pembakaran lahan akan berkurang dan bahkan mungkin tidak akan terjadi lagi, harapnya. 

    "Pemerintah desa akan terus mendukung melalui anggaran APBDes dalam memberikan pelatihan, pemberian pupuk, racun rumput dan pembasmi hama," kata Sumadi.

    Pada kesempatan yang sama, Camat Bunut Hulu Sopuan, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para kelompok tani karena telah membuat bangga dengan hasil kerja yang sudah maksimal. 

    Ia juga berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu untuk tidak meragukan niat mereka. Sebab hasilnya telah terlihat jelas dan kerja mereka sudah nyata, ungkapnya.

    Di kesempatan ini pula masing-masing ketua kelompok tani menyampaikan aspirasi dan harapannya, yang intinya mereka minta diperhatikan oleh pemerintah, apapun syarat administrasi yang dibutuhkan pemerintah, mereka siap untuk memenuhinya dan mereka yakin bahwa dengan adanya sawah sebagai lahan pertanian pasti hidup mereka akan lebih sejahtera.

    Tidak lupa juga, para kelompok tani sangat berterima kasih kepada ibu Nur Abidah selaku PPL yang bertugas di desanya, sebab Nur telah memberikan seluruh kemampuannya dibidang pertanian untuk membimbing para petani sehingga petani sudah sangat banyak ilmu pengetahuan di bidang pertanian.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdul Rasyid, menyampaikan rasa kagumnya kepada Camat Bunut Hulu, Kades, PPL dan para petani khususnya di Kecamatan Bunut Hulu, karena terus maju dalam mendorong kesejahteraan masyarakat terutama dibidang pertanian dan pangan.

    ia juga mengingatkan kepada PPL untuk tidak hanya mengutamakan komoditas padi, padi tetap harus menjadi prioritas utama, namun perlu juga di tambahkan dengan komoditas lainnya, seperti jagung, ubi kayu dan cabe, ujarnya.

    Rasyid berjanji akan menjawab semua aspirasi dan harapan para petani, ia juga menargetkan pada tahun 2018 mendatang,desa semangut mungkin akan menjadi yang nomor satu di Kapuas Hulu khusus dibidang pertanian, terangnya. 

    "Pada perkiraan produksi panen atau ubinan kali ini, diketahui hasilnya sekitar lebih kurang 2,8 ton per hektarnya," ungkapnya. 

    [ Noto ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak