Recent comments

  • Breaking News

    Puskesmas Putussibau Utara Lakukan Program Pusling


    Foto : Tim Puskesmas Putussibau Utara saat melakukan pengobatan dan pemeriksaan kepada warga didaerah yang terisolir melalui program Pusling / (Amrin)
    Putussibau (uncak.com) – Tim Puskesmas Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu melakukan pengobatan dan pemeriksaan secara gratis terhadap warga di beberapa dusun yang jaraknya jauh dari Puskesmas melalui program Puskesmas Keliling (Pusling). 

    “Kita melakukan program Pusling kebeberapa dusun yang jarak jangkauannya jauh dari Puskesmas. Sehingga, diharapkan dapat mempermudah warga menerima pelayanan kesehatan,” ucap dr. Yuliana Yulhelmin Tjawan, Ketua tim program Pusling Kecamatan Putussibau Utara, Senin (25/7/16). 

    Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tim pelayanan kesehatan Puskesmas juga dilengkapi dengan kendaraan bermotor baik roda 4 maupun roda 2 serta perahu bermotor khusus wilayah aliran sungai, peralatan kesehatan dan peralatan komunikasi yang berasal dari Puskesmas Putussibau Utara. Tim juga dilengkapi dari semua bidang kesehatan, diantaranya dokter Puskesmas, perawat, bidan dan ahli gizi, jelasnya. 

    Pusling berfungsi menunjang dan membantu kegiatan pelaksanaan program Puskesmas dalam wilayah kerja Puskesmas Putussibau Utara yang belum terjangkau oleh sarana kesehatan. Diantaranya, Dusun Lauk Desa Lauk, Dusun Nanga Hovat Desa Datah Dian dan Dusun Landau Ipuh Desa Nanga Awin, yang mana harus dijangkau lewat jalur sungai, ungkapnya. 

    “Sasaran kita memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program Pusling ini adalah Desa atau Dusun didaerah terpencil yang tidak terjangkau oleh pelayanan Puskesmas atau Puskesmas pembantu. Kita melakukannya sebanyak 3 kali dalam sebulan turun ke Desa dan Dusun yang berbeda,” kata Yuliana. 

    Selain itu, tim juga melakukan penyelidikan terhadap kasus luar biasa yang terjadi dimasyarakat, malakukan rujukan bagi kasus gawat darurat serta melakukan penyuluhan kesehatan dengan menggunakan alat audiovisual, tambahnya. 

    Saat dilapangan kita tidak menemukan ada warga yang sakit parah, tetapi hanya sakit ringan saja. Seperti, batuk filek, grastitis (maag), asam urat, rematik dan penyakit kulit (gatal-gatal). Tidak ditemukan juga kasus gizi buruk, serta pemeriksaan bagi ibu-ibu hamil juga kondisinya baik. “Cuma pada pemeriksaan jentik-jentik dirumah, masih banyak terdapat jentik nyamuk di tempat penampungan air,” ujarnya. 

    Maka dari itu, kita juga lakukan penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat agar mereka lebih memahi pentingnya menjaga kesehatan. Selama menjalankan program Pusling ini, tidak ada kendala dilapangan, hanya saja terkadang masalah cuaca exstream yang berubah-ubah, jalan yang rusak parah, dan kalau lewat jalur air ketika sungai surut atau kering, mau tak mau kita harus beseret perahunya, terangnya. 

    Kita dari tim Puskesmas Putussibau Utara akan terus menjalankan program Pusling ini, sehingga apa yang diharapkan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa terpenuhi, pungkas dr. Yuliana.

    [ Amrin ]

    2 komentar:

    1. mantap. semoga kesehatan masyarakat bisa terjaga..

      BalasHapus
    2. mantap. semoga kesehatan masyarakat bisa terjaga..

      BalasHapus

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad