Recent comments

  • Breaking News

    Embaloh Hilir Gelar Festifal Budaya 2016

    Foto: Camat Embaloh Hilir Abdullah Sani, saat membuka festifal budaya
    Kapuas Hulu (uncak.com) - Pemerintah Kecamatan Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Festifal Budaya yang selenggarakan di lapangan sepak bola "Keturunan Sembilan" Kecamatan Embaloh Hilir dan secara resmi dibuka oleh Camat Embaloh Hilir Abdullah Sani, Rabu (3/8/16) sekitar pukul 20.00 WIB.

    Dalam pembukaan Festifal Budaya tersebut, dimeriahkan juga dengan pesta kembang api serta tampilan tarian dari beberapa sanggar seni yang ada.

    Dalam sambutannya, ketua panitia Mujan Arbain mengatakan, bahwa kegiatan Festifal Budaya se Kecamatan Embaloh Hilir ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT RI ke-71 tahun 2016.

    "Kegiatan festifal budaya kali ini merupakan yang pertama kali kita selenggarakan di Embaloh Hilir, karena memang selama ini belum pernah kita adakan kegiatan seperti ini," kata Mujan.

    Adapun tujuan diadakannya festifal budaya ini diantaranya sebagai upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya daerah kepada generasi muda yang saat ini sudah mulai punah akibat pengaruh dari budaya asing khususnya di Kecamatan Embaloh Hilir, jelasnya.

    Selain itu, sebagai wadah untuk menyalurkan bakat serta ajang seleksi untuk menjaring para peserta yang akan menjadi utusan Kecamatan Embaloh Hilir untuk ikut pada ivent festifal budaya ke tingkat Kabupaten. Tapi yang tak kalah pentingnya juga sebagai ajang promosi seni dan budaya daerah kita, agar lebih dikenal masyarakat luar, tambahnya.

    "Ada beberapa jenis kegiatan seni dan budaya yang kita perlombaan dan pertandingan pada festifal budaya kali ini. Diantaranya lomba tari Melayu dan Dayak, lomba Pangkak Gasing, lomba Sumpit serta lomba menganyam Bubu," terang Mujan.

    Adapun para peserta lomba berasal dari sanggar-sanggar maupun perwakilan desa se Kecamatan Embaloh Hilir. "Kita juga mengundang kecamatan terdekat seperti Kecamatan Bunut Hilir untuk ikut pada festifal budaya kali ini," ucapnya.

    Sumber dana kegiatan ini berasal dari keuangan desa yang ada di Kecamatan Embaloh Hilir serta sumbangan dari masyarakat dan pihak ke tiga yang tidak mengikat, dengan total sebesar Rp19 juta, ungkapnya.

    Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Camat, Muspika, seluruh Kades Kecamatan Embaloh Hilir, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta seluruh lapisan masyarakat Embaloh Hilir, yang sudah membantu pelaksanaan festifal budaya ini, mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan sukses hingga selesai, sesuai dengan yang kita harapkan bersama, harapnya.

    Dalam sambutannya Camat Embaloh Hilir Abdullah Sani, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelenggarakan kegiatan festifal budaya se Kecamatan Embaloh Hilir hingga bisa terselenggara malam ini.

    Saya juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung kegiatan ini serta menjaga keamanan selama kegiatan berlangsung. Kepada para peserta lomba selamat mengikuti lomba serta bertandinglah secara sportif, harapnya.

    "Kedepan, mudah-mudahan kita bisa melaksnakan kegiatan serupa seperti ini ditahun-tahun mendatang," pungkasnya. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad