Recent comments

  • Breaking News

    Pelatihan Penyusunan RKPDes Tahun 2016 se Kecamatan Putussibau Selatan

    Foto: Peserta pelatihan penyusunan RKPDes se Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu / (Amrin)
    Putussibau (uncak.com) - sebanyak 69 aparatur desa se Kecamatan Putussibau Selatan mengikuti pembukaan pelatihan penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Kecamatan Putussibau Selatan tahun 2016.

    Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 1-3 Agustus 2016 tersebut dilaksanakan di gedung Serba Guna, Jalan Pangsuma Kelurahan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu.

    Selama kegiatan yang dipimpin langsung oleh Camat Putussibau Selatan Iwan Setiawan mengatakan, bahwa pelatihan penyusunan RKPDes kita khususkan bagi seluruh perangkat desa, khususnya yang menangani masalah ADD dan DD. 

    Dari RPJMDes yang sudah disusun oleh desa maka ditarik dari skala prioritas untuk dimuat kedalam RKPDes, barulah dari situ dimasukkan kedalam RAPBDes untuk dijadikan APBDes. "Kesemuanya itu dibuat atau di rencanakan berdasarkan Peraturan Desa (Perdes)" tambah Iwan. 

    Harapan kita sih dalam penyususnan ini tidak melenceng dari perencanaan awal, kecuali yang bisa mempengaruhi daripada RPJMDes dan RKPDes yaitu adanya kejadian khusus. "Seperti bencana alam, krisis ekonomi, kerusuhan yang berkepanjangan, jelasnya kepada media ini, Kamis (4/8/16). 

    Bisa juga perubahan ini berasal dari kebijakan pemerintah baik Pusat, Provinsi dan pemerintah Kabupaten. "Itu yang bisa mempengaruhi kalau memang ada perubahan," tutur Iwan.

    Tapi pada dasarnya sudah ada di RPJMDes dan baru di buat RKPDes. Sebab, dalam menyusun RKPDes memang harus sesuai dengan skala prioritas dan skor-skor yang ada, terangnya.

    "Nanti dibuatlah perencanaan yang baik di APBDes sehingga dalam pelaksanaannya mudah-mudahan tidak ada masalah," kata Iwan.

    Dalam kegiatan pelatihan selama tiga hari ini juga tidak ada kendala bagi desa-desa dalam menyusun RKPDes, sehingga kita harapkan untuk ADD maupun DD nantinya bisa terserap dan dilaksanakan dengan baik dan benar, pungkasnya.

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    AMrin

    Post Bottom Ad