Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Kapuas Hulu Resmikan Instalasi Air Bersih Di Suhaid

    Bupati Kapuas Hulu AM.Nasir resmikan instalasi air bersih di Kecamatan Suhaid.
    Kapuas Hulu, [uncak.com] - PT SMART melalui PT Kartika Prima Cipta membangun sarana air bersih di Desa Mantan dan Desa Menapar, Kecamatan Suhaid, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

    “Bantuan yang diberikan seperti penyediaan sarana mulai dari pencarian sumber air bersih, pembangunan instalasi, sistem distribusi air, hingga pengaliran air dengan baik ke rumah warga setempat,” kata CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat, Susanto, di Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu, Rabu (13/10/16).

    Dikatakan Susanto, penyediaan air bersih dua desa tersebut sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Diharapkan kontribusi Sinar Mas dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

    Menurut Susanto Desa Mantan dan Desa Menapar merupakan desa yang berdekatan dengan lokasi PT KPC, dan sebelumnya masyarakat mengeluhkan jauhnya sumber air bersih berkisar dua kilometer dari desa setempat.

    Kemudian sejak bulan September 2015, PT KPC bekerjasama dengan Yayasan Dian Desa memulai proyek pembangunan sarana air bersih sebagian dari program CSR perusahaan.

    Selain itu, lanjut Susanto, program CSR juga dilakukan zona muara Tawang pada tahun 2014. Program tersebut mencakup beberapa komponen seperti kebutuhan dasar manusia, bahkan pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, selain itu juga telah dibangun sarana ibadah, perbaikan jalan serta perbaikan sarana dan prasarana umum masyarakat.

    “Hampir seluruh desa yang masuk dalam kawasan kami, sudah dibuka jalan, kemajuan di masyarakat saat ini sangat terlihat,” tutur Susanto.

    Ditambahkan Susanto, untuk CSR, salah satu komitmen perusahaan, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama untuk kebutuhan dasar masyarakat, tentu ada kelanjutan dalam kegiatan CSR.

    Ia mengatakan kedepan juga didekat Semitau telah dibangun pusat pendidikan dan pelatihan masyarakat tahun depan akan dijalankan untuk mendidik masyarakat menanam sayuran dan padi termasuk pelatihan menjahit.

    Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengatakan Sinar Mas Group dengan pengalaman internasional untuk ekspor satu - satunya Kapuas Hulu di Kalimantan Barat.

    Membangun daerah bukan semata tanggungjawab pemerintah perlu ada investor. Menurut Nasir, tugas pemerintah daerah mensejahterakan masyarakat namun kondisi keuangan daerah tidak mampu sehingga dibantulah oleh pihak ketiga yaitu insvestor.

    Nasir berharap semua potensi berjalan dan tergali dengan baik, seperti perkebunan, pertanian dan perikanan serta pertambangan. “Banyaknya bidang usaha akan membawa perubahan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

    Disinggung Nasir kehadiran investor tentunya akan membawa keuntungan bagi masyarakat, pemerintah dan juga perusahaan. “Semuanya di untungkan terutama masyarakat dan perusahaan, untuk meningkatkan pembangunan perlu dukungan semu pihak,” tutur Nasir.

    Terkait air bersih dari CSR perusahaan, kata Nasir, sangat membantu masyarakat. “Fasilitas yang sudah dibangun ini perlu dijaga diperlihara,” tegasnya.

    Camat Suhaid, Joko Kusmanto mengatakan dengan adanya program CSR dari perusahaan sangat membantu masyarakat khususnya air bersih, bahkan masyarakat terlibat aktif mulai dari perencanaan hingga pembangunan. “Perubahan pesat di kedua desa tersebut, akmi berharap CSR perusahaan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” harap Joko. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak