Recent comments

  • Breaking News

    Momentum Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Bagi Pelajar SMPN 1 Bunut Hilir

    Upacara bendera dihalaman SMPN 1 Bunut Hilir dalam rangka Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.
    Kapuas Hulu, [Uncak.com] – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dan Hari Pahlawan 10 November merupakan momentum yang bersejarah bagi bangsa Indonesia yang merupakan perjuangan para pemuda dan pahlawan yang menjadi ujung tombak perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI.

    Moment tersebut dimanfaatkan oleh para pelajar di SMPN 1 Bunut Hilir Kecamatan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu dengan menggelar berbagai kegiatan di sekolahnya dengan tujuan untuk membangkitkan nasionalisme pelajar sebagai generasi muda dalam mengisi kemerdekaan.

    “Ada beberapa kegiatan yang kita gelar dalam memperingati serta memeriahkan hari Sumpah Pemuda beberapa waktu lalu,” kata Zuli Satriyati, Waka Kurikulum SMPN 1 Bunut Hilir.

    Diantara kegiatan tersebut ada lomba mendeklarasikan Sumpah Pemuda, lomba kostum daerah, lomba kostum Pahlawan Nasional baik tempo dulu maupun masa kini, lomba cipta puisi dan baca puisi, lomba menggambar Pahlawan Nasional serta lomba vocal grup antar kelas, jelasnya.

    Sedangkan dalam menyambut Hari Pahlawan Nasional 10 November 2016 di SMPN 1 Bunut Hilir ada yang berbeda. Saat Upacara Bendera, ada 10 (sepuluh) orang siswa-siswi yang terpilih berpakaian pahlawan tempo dulu dan pahlawan masa kini sesuia denga quote Presiden pertama RI Soekarno “Beri aku 10 orang tua maka akan kucabut Semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia.” Diantara 10 pelajar tersebut ada yang memakai kostum seperti tentara, polisi, perawat, guru, ustadz, pendeta, pakaian melayu dan dayak serta pakaian Soekarno dan RA. Kartini, tambahnya.

    “Suasana selama gelar kegiatan tampak antosias dan semangat siswa-siswi kami dalam unjuk penampilannya serta dengan rasa percaya diri mereka juga bisa mengembangkan bakat yang mereka miliki,” tutur Zuli.

    Saya berharap dengan sering diadakannya kegiatan seperti ini dapat membantu para pelajar agar memahami sejarah para pahlawan terdahulu dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, harapnya. 

    Jurnalisme Warga: [ Ijah ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    AMrin

    Post Bottom Ad