Recent comments

  • Breaking News

    SMPN 1 Mentebah Mantapkan Persiapan Jelang Akreditasi Sekolah


    MENTEBAH, Uncak.com - Memperoleh nilai akreditasi sekolah yang tinggi tentunya menjadi keinginan bagi setiap insan sekolah. Capaian akreditasi merupakan salah satu cerminan tingkat kinerja Kepala Sekolah dan guru. Sekolah yang memiliki nilai akreditasi yang bagus tentu saja memiliki prestise tersendiri bagi setiap warga sekolah.

    Tentu saja akreditasi yang tinggi tidak diperoleh dengan serta merta, perlu persiapan jauh-jauh hari sebelum tim assesor berkunjung ke sekolah. Kerjasama yang baik harus terjalin diantara kepala sekolah dengan seluruh staff pendidik dan tenaga kependidikan. Agar terorganisasi dengan baik maka perlu dibentuk tim atau panitia khusus persiapan akreditasi. Kepanitian ini mencakup 8 (delapan) standar nasional pendidikan. Setiap standar atau beberapa standar perlu ditentukan oleh koordinator dengan beberapa anggota. Secara berkala diadakan pertemuan untuk mengkoordinasikan kegiataan-kegiatan serta memantau progress dari setiap tim-tim kecil yang dipimpin oleh koordinator.

    Dokumen dan berkas yang telah disiapkan SMPN 1 Mentebah jelang akreditasi sekolah
    Tidak kalah pentingnya, agar kerja panitia menjadi terarah dan fokus, maka harus memiliki pedoman, baik berupa petunjuk teknis akreditasi dan dokumen pertanyaan-pertanyaan, serta petunjuk jenis dokumen seperti apa yang dimaksud oleh setiap pertanyaan-pertanyaan tersebut.

    Seperti halnya yang dilakukan SMPN 1 Mentebah, Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, untuk menghadapi akreditasi sekolah yang tinggal menghitung hari, SMPN 1 Mentebah telah mempersiapkan diri dari hal yang terkecil hingga terbesar, baik guru maupun staf sudah disibukkan dengan tugasnya masing-masing sesuai bidang dari 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan.

    "Pada hari Kamis, tanggal 28 Juli 2017, SMPN 1 Mentebah menggelar rapat menyangkut persiapan, serta pemantapan dalam menghadapi akreditasi sekolah yang rencananya akan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan minggu depan," ujar Mamik Indiono, SPd.Ind, Kepala SMPN 1 Mentebah kepada Uncak.com, Jumat (27/7/2017).

    Selaku Kepala Sekolah, Mamik memberi motivasi kepada dewan guru, agar melakukan yang terbaik ketika penilaian nanti berlangsung, tidak lupa pula Mamik mengingatkan terkait kelengkapan berkas yang akan digunakan nantinya saat penilaian. Menurut Mamik, tujuan dari penilaian ini adalah untuk memperoleh gambaran kinerja sekolah sebagai alat pengembangan peningkatan mutu, aktivitas dan inovasi.

    "Bagi SMPN 1 Mentebah sendiri, merupakan kali kedua dalam melaksanakan akreditasi sekolah. Dimana sebelumnya pada tahun 2011 lalu berhasil meraih predikat B," terangnya.

    Pada penyelenggaraan yang kedua ini, Mamik berkeinginan untuk semakin meningkatkan nilai predikat yang didapat dalam akreditasi ini, sebab berbagai persiapan sudah dilakukan dari kedelapan standar pendidikan tersebut, salah satunya dengan berbenah diri, baik fisik maupun administrasi.

    "Saya berharap agar akreditasi tahun ini lebih baik lagi, sehingga bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal," harap Mamik. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad