Recent comments

  • Breaking News

    Kadis Pariwisata Buka Tournamen Pangkak Gasing di Kedamin Hilir

    Pembukaan turnament Pangkak Gasing,dalam rangka HUT RI Ke-72, di Kedamin Hilir. 
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu Antonius, secara resmi membuka tournament pangkak gasing yang diselenggarakan di halaman Masjid Darussalam Kedamin, Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (10/8/2017) pukul 15.30 WIB.

    Kegiatan adu gasing ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-72. Hadir dalam acara pembukaan tersebut, Anggota DPRD kapuas hulu Abang Tarmiji, Kepala Inspektorat kapuas hulu H. Hasan, Kapolsek Putussibau Selatan M.Sutikno, dan sejumlah peserta lomba, serta ratusan masyarakat lainnya.

    Antonius sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Antonius, kegiatan ini sangat baik. "Pemerintah Kabupaten Kapaus Hulu akan terus mendukung karna pangka gasing ini merupakan salah satu olah raga yg sudah menjamur di masyarakat," ujarnya.

    Dikatakan Antonius, bahwa permainan pangkak gasing ini adalah permainan tradisional yang sudah diturunkan sejak jaman nenek moyang kita dan menjadi permainan yang sudah turun temurun. "Semoga kedepannya permainan gasing ini menjadi permainan yang bisa dipromosikan diluar, agar kedepannya permainan pangkak gasing ini bisa lebih meriah lagi," harapnya.

    Sementara itu ditempat yang sama, Hambali, ketua panitia adu pangkak gasing menyatakan bahwa selama ini dalam memeriahkan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI, hanya melakukan perlombaan yang itu-itu saja, seperti panjat pinang, lomba karung dan lain-lain. "Kali ini kami ingin menampilkan permainan yang berbeda dari sebelumnya, dengan tujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya serta permainan jaman dahulu yang sudah hampir punah," terang Hambali.

    Selain itu lanjut Hambali, juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar suku dan agama. "Pertandingan ini terdiri dari dua kelas, yakni kelas anak-anak dan kelas dewasa," pungkas Hambali.  [Titus]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    AMrin

    Post Bottom Ad